Covid 19 : AS Untung, China Buntung

SM Network – Siapa sangka wabah Virus Corona (Covid-19) yang tengah marak dari Wuhan, China dinilai menguntungkan rival dagang China, yakni Amerika Serikat (AS). Seperti diketahui, AS dan China sempat terlibat perang dagang yang cukup tajam.

Seperti dilansir viva, dikatakan bahwa Kasus wabah Virus Corona dan kaitannya dengan hubungan AS-China dinilai jadi aneh saat dibandingkan dengan saat terjadinya wabah epidemi Virus flu Babi di AS pada 2009.

Peneliti Alpha Research Database Indonesia, Ferdy Hasiman mengutip jumlah infeksi dan kematian yang disebabkan oleh epidemi flu Babi di AS juga sangat banyak saat itu.

“Setidaknya ada 300 ribu orang meninggal dan jutaan lain mengalami infeksi di seluruh dunia. Jika dibandingkan dengan wabah corona, tentu saja tidak bisa dibandingkan, tetapi bagaimana respon dunia internasional terhadap Tiongkok hari ini sangat berbeda dengan reaksi dunia internasional terhadap AS pada waktu itu,” kata Ferdy kepada VIVA, Rabu 19 Februari 2020.

Saat itu, terang Ferdy, AS tidak mengalami isolasi seperti China pada saat ini. Sementara China saat ini mengalami keterkucilan atau isolasi yang berimbas pada ekonominya karena reaksi dunia.

“Berbeda halnya saat epidemi terjadi di Amerika Serikat. Dengan kata lain, kelihatan ada upaya untuk benar-benar mendiskreditkan China dan itu dilakukan secara sistematis,” ujar Ferdy

Dia menjelaskan, dari sisi intelijen berlaku teori, yaitu siapa yang mengambil keuntungan dalam sebuah kasus, maka dia lah yang paling berperan. “Sekarang dunia internasional bisa menilai, siapa yang diuntungkan dari kasus Corona di China?” ucapnya.

Dari kasus ini katanya, dunia internasional bisa melihat bagaimana reaksi AS. Seperti menutup penerbangan dari dan ke China, menghentikan sementara barang-barang masuk dari China dan sebagainya. “Ada spekulasi yang terlalu berlebihan bagaimana dunia memperlakukan China saat ini yang dimotori Amerika (AS),” kata Ferdy.


SM Network/Viva

3 Komentar

  1. 482918 597631Absolutely composed content material material , thankyou for information . 459

  2. 866944 2787Music began playing anytime I opened this website, so irritating! 919012

  3. 973607 921326Heya just wanted to give you a brief heads up and let you know a couple of with the pictures arent loading properly. Im not positive why but I believe its a linking problem. Ive tried it in two different internet browsers and both show exactly the same results. 450759

Tinggalkan Balasan