Cosmo Hotel Yogyakarta, Seragam Karyawan sebagai Brand Identity

YOGYAKARTA, SM Network – Industri hotel berkembang pesat di Yogyakarta sebagai konsekuensi destinasi favorit wisatawan lokal maupun mancanegara. Setiap hotel dengan berbagai daya tarik menjadikan wisatawan memiliki banyak pilihan, sesuai dengan preferensinya masing-masing. Banyak faktor yang menentukan tamu memilih hotel yang akan digunakan seperti lokasi, harga, cita rasa makanan, serta perbandingan fasilitas.

Namun menurut Marketing Communication Gaia Cosmo Hotel Yogyakarta, Fathiyyah Fairuz,
terdapat satu hal penting yang menjadi awal mula penentu baik atau buruknya pengalaman tamu di hotel, yaitu ”human touch”. Ini merupakan bentuk interaksi antara karyawan hotel dan tamu sehingga human touch berperan penting sebagai diferensiasi dalam melayani tamu.

Identitas dapat terlihat melalui wujud tampilan fisik seperti desain interior, desain flyer, hingga seragam karyawan. Pada awal tahun 2020, tepatnya tanggal 20 Februari 2020, Gaia Cosmo Hotel meluncurkan seragam baru untuk karyawannya. Hotel ini meyakini seragam memegang peranan penting dalam menjaga brand identity.

Tonjolkan Identitas

Seragam yang dikenakan seluruh karyawan harus merepresentasikan brand identity hotel.
Dengan tampilan stylish casual dan comfortable, seragam baru yang dipakai saat ini lebih menonjolkan identitas Gaia Cosmo Hotel.

Dalam proses pembuatan seragam baru tidak hanya mengutamakan desain, tetapi melalui seragam ini juga tercermin budaya Gaia Cosmo Hotel yang memperhatikan kenyamanan, seragam dibuat dengan pemikiran yang mendalam dan detail.

Contohnya, maternity dress khusus untuk karyawan yang sedang hamil, agar nyaman bekerja. Selain itu, biasanya frontliner seperti front office dan sales, menjadi departemen yang mendapat perhatian lebih dalam penampilan, karena mereka berhubungan langsung dengan tamu.

”Kadang peranan housekeeping dan engineering yang juga turut bekerja keras memberikan kenyamanan pada tamu terlupakan. Kami memberikan seragam yang sama stylish-nya dan fungsional sebagai bentuk penghargaan bagi semua karyawan yang secara bersama-sama sudah memberikan pelayanan terbaik,” imbuh Tia panggilan akrabnya.

Warna yang dipilih juga menggambarkan identitas hotel yakni nama Gaia yang berasal dari mitologi Yunani, Dewi Bumi, sehingga warna yang dipilih juga bernuansa earth-tone. Model seragam dibuat different yet familiar. Berbeda dengan seragam hotel pada umumnya, namun tetap dengan model yang nyaman dan presentatif sehingga tamu dapat lebih mengenali brand identity hotel tersebut.


SM Network/adv

2 Komentar

  1. 344892 741402This internet internet site is my breathing in, truly great layout and perfect content . 937892

  2. 244622 658891Exceptional weblog here! Also your site loads up extremely quick! What host are you employing? Can I get your affiliate link to your host? I wish my internet site loaded up as quickly as yours lol xrumer 896395

Tinggalkan Balasan