Cegah Virus Corona, Dinkes DIY Anjurkan Perbanyak Mencuci Tangan

YOGYAKARTA, SM Network – Merebaknya virus Corona (Coronavirus) sangat meresahkan masyarakat. Membiasakan hidup sehat dengan membiasakan mencuci tangan dinilai menjadi salah satu cara sederhana menangkal penyakit yang diduga berasal dari Kota Wuhan, Tiongkok tersebut.

“Sering mencuci tangan terutama setelah batuk atau bersin, sebelum dan sesudah menyiapkan makanan, sebelum makan, setelah menggunakan toilet, setelah merawat binatang,” papar Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) DIY Drg. Pembajun Setyaningastutie, M.Kes dalam rilisnya yang diterima suaramerdekakedu.id, kemarin.

Tak hanya itu, Pembajun juga meminta dalam hal cuci tangan harus dengan air mengalir dan sabun serta bilas kurang lebih 20 detik. Jika tidak tersedia air dapat menggunakan cairan pembersih tangan yang mengandung alkohol 70-80 persen.

“Tindakan kewaspadaan dan pencegahan memang harus dilakukan masyarakat secara mandiri untuk menghindari penularan pneumonia akibat Novel Coronavirus,” tutur dia.Pembajun mengungkapkan untuk masyarakat yang mengalami gejala demam, batuk, sesak nafas dan baru kembali dari negara terjangkit dalam 14 hari sebelum sakit agar segera berobat ke Puskesmas / RS terdekat.

Masyarakat juga dianjurkan untuk memerikan informasi kepada dokter dan tenaga kesehatan tentang riwayat perjalanan “Terapkan etika batuk yaitu menutup mulut/hidung saat bersin atau batuk dengan menggunakan tissue. Lalu gunakan masker jika menderita sakit dengan gejala infeksi saluran napas (demam, batuk dan flu) dan segera berobat serta tak kalah penting jika sedang sakit kurangi aktifitas di luar rumah dan batasi kontak dengan orang lain,” pesannya.


Gading Persada

Tinggalkan Balasan