SM/Panuju Triangga - BAGIKAN MASKER: Relawan Mudho Magawe diterjunkan DPD Golkar Kabupaten Purworejo untuk membagikan masker dan hand sanitizer di seputar Kutoarjo, Purworejo, Kamis (2/3).

PURWOREJO, SM Network – Sejumlah relawan muda yang tergabung dalam Mudho Magawe diterjunkan DPD Golkar Kabupaten Purworejo untuk membagikan masker dan hand sanitizer, Kamis (2/3). Aksi tersebut merupakan bentuk kepedulian dalam mencegah penyebaran virus corona (Covid-19) di wilayah Kabupaten Purworejo.

Pembagian masker dan hand sanitizer difokuskan kepada pekerja jalanan yang terpaksa tetap bekerja ditengah kondisi wabah Covid-19 saat ini. Setidaknya seribu masker dan hand sanitizer dibagikan di sejumlah wilayah Kutoarjo dan seputar kantor DPD Golkar Purworejo.

“Sasaran kita, membagikan kepada tukang becak, sopir angkot, pengemudi ojek online dan konvensional, tukang parkir, serta para pekerja di pasar. Mereka ini cukup rentan terpapar karena harus tetap beraktivitas,” ungkap Koordinator Aksi, Riyatno.

Dengan kondisi rentan terpapar virus corona tersebut, lanjutnya, dalam aksi ini mereka diberikan masker dan hand sanitizer untuk melindungi diri dan mencegah penularan. Pemilihan masker dan hand sanitizer sendiri merupakan bentuk kepedulian atas kelangkaan barang tersebut di pasaran padahal banyak yang membutuhkan.

Selain membagikan masker dan hand sanitizer, tutur Riyatno, pihaknya juga turut mengedukasi masyarakat untuk melindungi diri dengan menerapkan prosedur protokoler pencegahan virus corona. Antara lain mengedukasi masyarakat agar rajin cuci tangan, menjaga pola hidup bersih, olahraga dan meningkatkan imunitas tubuh, serta menjaga jarak.

“Edukasi kepada masyarakat ini penting untuk menekan dan meminimalisir potensi terpapar virus corona,” katanya.

Sebelum melaksanakan aksi tersebut, terlebih dahulu para relawan menggelar apel dengan menerapkan protokol physical distancing sesuai arahan WHO. Protokol ini juga diterapkan saat pembagian masker dan hand sanitizer untuk meminimalisir terjadinya kerumunan.

“Kami juga melaksanakan sesuai protokoler saat membagikan, menghindari kerumunan dengan membagi tim kedalam beberapa kelompok. Kami juga mengenakan masker dan sarung tangan,” imbuhnya.

Sekretaris DPD Golkar Kabupaten Purworejo, Puguh Setyadi, mengatakan bahwa aksi ini merupakan bagian dari pelaksanaan anjuran pemerintah dalam pencegahan penyebaran wabah Covid-19.

Selain itu, sekaligus untuk mengedukasi masyarakat mengenai pentingnya pencegahan penularan virus corona. Pihaknya berharap dengan aksi yang dimotori oleh anak-anak muda ini mampu bermanfaat bagi masyarakat.

“Kami juga mengajak masyarakat untuk terus merenapkan pola hidup sehat dan pysical distancing agar terhindar dari wabah corona,” tambahnya.


Panuju Triangga/Kim

1 KOMENTAR