Cegah Penyebaran Covid-19, Instansi dan Fasum Disemprot Disinfektan

MAGELANG, SM network – PMI Kota Magelang turut dalam aksi mengantisipasi penyebaran Virus Corona (Covid-19). Caranya dengan menyemprotkan cairan disinfektan ke kantor-kantor layanan Pemkot Magelang dan fasilitas umum.

Ketua PMI Kota Magelang, Sumartono mengatakan, aksi tanggap darurat ini rencana dilakukan selama 10 hari ke depan. Penyemprotan disinfektan ini menggunakan dana sumbangan masyarakat pada bulan dana PMI senilai Rp 10 juta.

“Kami merespon cepat dengan adanya instruksi dari PMI Pusat untuk mengantisipasi penyebaran virus itu. Ini sangat penting, jadi harus dilaksanakan,” ujarnya di sela mendampingi petugas dalam penyemprotan di lingkungan kantor Wali Kota Magelang, Rabu (18/3).

Dia menuturkan, pihaknya membuat sendiri cairan disinfektan yang disemprotkan dengan bahan utama etanol 61-71 persen. Total cairan yang disiapkan sebanyak 10.000 liter dengan lima petugas penyemprot setiap harinya.

“Kita siapkan empat tank berisi cairan disinfektan dengan lima petugas penyemprot setiap harinya. Lokasinya setiap hari bisa 3-5 titik tergantung luasan,” katanya.

Lokasi yang disemprot, kata bapak yang juga Inspektur Kota Magelang itu, ada yang sudah mengajukan sebelumnya dan ada pula yang belum. Di hari pertama penyemprotan ini, beberapa lokasi yang sudah disemprot antara lain Kantor DPU-PR, Inspektorat, dan Kantor Kecamatan Magelang Tengah.

Kemudian SMK 2 Magelang, GKJ Magelang, Bank BTN, Masjid Baitul Makmur kompleks kantor Wali Kota, Masjid Nurul Imam Karang Lor, dan Masjid Agung Kauman Magelang. Selanjutnya akan dilakukan di beberapa fasilitas umum, seperti alun-alun dan Taman Badaan.

“Kami harap ada juga partisipasi dari pihak swasta yang peduli untuk mendukung penadaan penyemprotan ini. Misalnya melalui dana CSR (tanggung jawab sosial perusahaan), karena anggaran PMI terbatas,” jelasnya.

Kepala Markas PMI Kota Magelang, MY Agung Kurniawan menambahkan, masyarakat sebenarnya bisa membuat sendiri cairan disinfektan ini. Hanya dengan bahan utama pembersih lantai (berbagai merek) bisa menjadi cairah pencegah penyebaran virus corona tersebut.

“Kami harap warga di masing-masing rumah bisa melakukan sendiri penyemprotan ini. Terpenting adalah mari biasakan diri dengan berperilaku hidup bersih dan sehat agar terhindar dari wabah tersebut,” imbuhnya.


Asef Amani

1 Komentar

  1. 450238 741383How much of an appealing guide, maintain on generating far better half 429984

Tinggalkan Balasan