Cegah Penularan Covid-19 Tempat Wisata Dikontrol Ketat

TEMANGGUNG, SM Network – Petugas gabungan Satpol PP, TNI, Polri, Dinkes, Kecamatan di Kabupaten Temanggung, terus melakukan kontrol secara ketat terhadap tempat-tempat wisata yang ada di wilayah ini.

Hal itu dilakukan sebagai upaya menekan laju persebaran Covid-19, yang masih terus terjadi. Kepala Dinas Satpol PP Kabupaten Temanggung Agus Munadi mengatakan, pihaknya tidak akan lengah sedikitpun dalam mengawasi berbagai tempat yang potensial mendatangkan masyarakat, seperti tempat wisata.

Meski sudah mulai buka namun tempat wisata harus menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

“Sidak kita kali ini dalam rangka menegakkan protokol kesehatan, khususnya berkaitan dengan pelaksanaan Perbub Nomor 45 Tahun 2020, tentang penegakkan disiplin protokol kesehatan. Baik yang dilakukan di tempat industri, pasar, maupun tempat wisata. Hari ini kita sidak di tempat wisata Sibajak Green Canyon dan Cahaya Langgeng,”katanya kemarin.

Dari pantauannya di lokasi wisata alam Sibajak Green Canyon yang terletak di antara Gunung Sindoro dan Gunung Prau, serta wisata air dan mini zoo Cahaya Langgeng di Wonosroyo, Kecamatan Kedu sudah menerapkan protokol kesehatan. Selain pengelola pengunjung rata-rata sudah menaati aturan.

“Dari awal masuk sudah ketat wajib memakai masker, di cek suhu tubuh menggunakan thermogun, cuci tangan pakai sabun di tempat yang sudah disediakan, dan harus menjaga jarak. Jika tidak pakai masker tidak boleh masuk, demikian juga dengan pengelola wisata jika tidak patuh akan diberi sanksi,”katanya.

Pengelola wisata Cahaya Langgeng Ariyadi menuturkan, sejak ditutup berbulan-bulan karena pandemi Covid-19 tempat wisata yang dikelolanya baru mulai dibuka kembali 12 Agustus 2020.

Pembukaan menerapkan protokol kesehatan secara ketat di mana jumlah pengunjung dibatasi termasuk harus menyerahkan KTP untuk di data jati diri pengunjung.

“Meski sudah buka tapi kita batasi jumlah pengunjungnya untuk menjaga jarak dan selalu diingatkan setiap beberapa menit sekali dengan pengeras suara agar memakai masker dan jaga jarak. Lalu kita minta KTP untuk didata dan sebelum masuk sudah ada petugas khusus memberikan arahan. Semua titik kita pasang kamera CCTV guna memastikan atau sebagai kontrol terhadap pengunjung,”terangnya.

Tinggalkan Balasan