Cegah Korona, Sistem Kerja ASN Diatur

MAGELANG, SM Network – Pemkot Magelang mulai mengatur sistem kerja aparatur sipil negara (ASN). Hal ini terkait upaya pencegahan penyebaran covid-19, dan menindaklanjuti surat edaran (SE) Menteri Dalam Negeri Nomor 440/2436/SJ.

Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan (Prokompim) Kota Magelang Al Idris mengatakan, ASN dapat menjalankan tugas kedinasan dengan bekerja di rumah atau tempat tinggalnya. Namun, dibagi dalam kelompok kerja yang diatur dan dijadwalkan oleh Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) masing-masing.

“Kebijakan ini berlaku 23-31 Maret 2020 mendatang,” ujarnya di kantornya, Senin (23/3).

Dia menuturkan, ASN yang wajib masuk tiap hari di antaranya, Pejabat Pimpinan Tinggi ( JPT) dan pejabat setingkat di bawahnya. Lalu Kabag, Sekretaris Daerah, Camat, Lurah, Kepala Sekolah, dan Kepala UPT. 

“Untuk kepala dinas dan badan wajib hadir 50 persen dari jumlah bidang yang ada,” katanya.

Pejabat pengawasan, katanya, minimal satu orang wajib hadir. Adapun guru yang melaksanakan kedinasan di rumah tetap memandu dan menjadi fasilitator pembelajaran bagi peserta didik di rumah. 

“Sejauh ini kami sudah melaksanakan presensi kehadiran ASN dengan sistem manual, bukan finger print. ASN yang bekerja di rumah kami harap tetap melaksanakan tugasnya. Juga membatasi aktivitas di luar rumah sesuai dengan kepentingan,” imbuhnya.


Asef Amani

Tinggalkan Balasan