SM/Asef F Amani - BANTU PENCEGAHAN: Sejumlah warga mengambil cairan desinfektan secara gratis yang disediakan oleh Hendro Prawoto yang ingin berbagi dan membantu pemerintah dalam mencegah penyebaran virus Korona di Kota Magelang.

MAGELANG, SM Network – Hendro Prawoto ( 41) warga Kampung Tidar Krajan, Kelurahan Tidar Utara, Kota Magelang merasa terpanggil untuk melakukan aksi sosial dengan membagikan cairan desinfektan secara gratis.

Aksi yang dilakukan sejak sekitar satu minggu terakhir ini sebagai upaya memutus rantai penyebaran Virus Corona di Kota Sejuta Bunga. “Saya juga ingin membantu pemerintah, khususnya Pemkot Magelang dalam memberantas penyakit Corona Virus Diseases (Covid-19) yang saat ini terjadi,” ujarnya, Sabtu (28/3).

Hendro membagi-bagikan cairan desinfektan tersebut tidak secara langsung di jalanan dengan melibatkan orang banyak. Melainkan, cairan kimia yang telah dikemas di botol bekas air mineral, diletakkan di atas meja dan ditempatkan di depan Toko Besi Harapan miliknya di Jalan Beringin III, Kecamatan Magelang Selatan.

Setiap harinya, masyarakat yang kebetulan lewat di depan toko miliknya langsung berhenti sejenak, dan mengambil satu botol cairan yang sekarang sedang hits itu. “Bagi masyarakat yang ingin mengambil, langsung saya persilahkan ambil sendiri. Karena, saya tidak bisa melayani satu persatu,” katanya.

Ia menambahkan, dalam satu harinya dengan dibantu  beberapa orang baikkaryawan tokonya serta masyarakat setempat bisa mengemas cairan desinfektan sebanyak 400 botol bekas air mineral ukuran 600 mililiter.

Adapun formulasi cairan desinfektan buatannya merupakan bahan yang mudah didapat di pasaran, seperti larutan pemutih, karbol, pengharum lantai, dan air bersih. “Perbandingannya, yakni 2 sendok makan  larutan pemutih, karbol danpengharum lantai dicampur dengan 1 liter air bersih,” jelasnya.

Dia sengaja memasukkan cairan tersebut ke dalam botol bekas air mineral, agar masyarakat bisa mudah menyemprotkan ke ruangan di rumahnya masing-masing.Hal itu dilakukan, karena tidak semua masyarakat memiliki alatpenyemprot yang seperti digunakan petugas-petugas dari berbagai instansi.

“Bagi masyarakat yang tidak mempunyai alat penyemprot, bisa langsung menggunakan botol cairan tersebut dengan melubangi tutup botol dengan pau atau alat lainnya dan langsung bisa disemprot,” paparnya.

Namun, seiring banyaknya masyarakat yang berminat mengambil cairantersebut, dalam pembuatan sedikit mengalami kendala untuk mendapatkan botol-botol bekas. Ke depan, katanya, bila sudah sulit mendapatkan botol bekas tersebutdirinya akan mengupayakan cairan desinfektan ditempatkan di sebuah bak air penampungan dan diberi keran air. Masyarakat tinggal membuka keran air sambal membawa wadahnya.

Meskipun aksi sosial tersebut tidak dibatasi waktunya, namun Hendroberharap pandemic Virus Corona segera berakhir dan aktivitas masyarakat Kota Magelang kembali berjalan normal kembali.

“Aksi sosial yang saya lakukan ini tidak saya batasi sampai kapan berakhirnya. Tetapi saya hanya berharap pandemic Virus Corona cepat berlalu, sehingga aktivitas masyarakat bisa kembali normal,” ungkapnya.


Asef Amani