Cegah Klaster Baru, Personel Sekolah Penerbang Jalani Rapid Test

SLEMAN, SM Network – Klaster baru penyebaran Covid-19 terus bermunculan. Tak ingin terjadi di tempatnya sebagai klaster penyebaran Corona, para personel Sekolah Penerbang (Sekbang) Lanud Adisutjipto Yogyakarta menjalani rapid test massal Covid-19.

“Rapid test ini dilakukan terhadap para instruktur penerbang, siswa Sekbang dan ground crew,” tutur Kadispers Lanud Adisutjipto Yogyakarta Letkol Nav Anton Bimo Risandi, kemarin.

Rapid Test Covid-19, berlangsung di Wingdikterbang, shelter Charlie dan Shelter Bravo, usai melaksanakan kegiatan pendidikan dan latihan penerbangan. Pelaksanaan kegiatan diawali dengan penyerahan alat Rapid Test dari Danlanud Adisutjipto yang diwakili Kadispers Lanud Adisutjipto Letkol Nav Anton Bimo Risandi kepada Kepala PPK 1 Kolonel Kes Ibnu Hajar.

“Pelaksanaan rapid test dilaksanakan secara berkala kepada para Instruktur Penerbang, siswa Sekolah Penerbang serta segenap ground crew, sehingga diharapkan bisa mendeteksi dini dan mencegah penyebaran Covid-19,” jelasnya.
Lebih lanjut Anton, mengungkapkan, nemasuki era Adaptasi Kebiasan Baru (AKB) dimana aktivitas dan kegiatan mulai meningkat tentu diharapkan seluruh personel Lanud Adisutjipto Yogyakarta selalu waspada, mentaati dan menerapkan protokol pencegahan penyakit yang menyerang saluran pernafasan itu secara disiplin termasuk kepada seluruh keluarganya.
“Karena hal ini merupakan bentuk tanggung jawab seluruh masyarakat,” imbuh dia.

Kegiatan Rapid test digelar dengan menerapkan protokol kesehatan dan physical distancing secara terjadwal di area Wingdikterbang, Shelter Charlie dan Shelter Bravo yang dilaksanakan oleh para dokter dan tenaga medis dari PPK 1 dan Rumah Sakit Pusat Angkatan Udara (RSPAU) dr S. Hardjolukito Yogyakarta. Setelah dilaksanakan rapid test, sebanyak 214 personel yang mengikuti tes dinyatakan negatif atau tidak reaktif.


Gading Persada

Tinggalkan Balasan