Cegah Corona, Ini Pesan Komda Lansia Sleman

SLEMAN, SM Network – Ketua Komisi Daerah Lanjut Usia (Komda Lansia) Sleman Sri Muslimatun berpesan kepada para lansia, agar patuh terhadap anjuran pemerintah dalam upaya pencegahan Covid-19.

Mengingat, lansia adalah golongan rawan terserang penyakit karena daya tahan tubuh yang cenderung melemah. Terlebih dari sisi kesehatan, lansia rentan mengalami penyakit degeneratif seperti diabetes.

Tingkat kerawanan ini semakin tinggi di kalangan lansia yang tergolong warga miskin. “Lansia ini memang rawan sekali. Untuk mencegah penularan virus corona, imbauannya ikuti anjuran pemerintah semisal makan dengan gizi seimbang, rutin senam, dan istirahat yang cukup,” kata Muslimatun, Selasa (21/4).

Selama mengikuti petunjuk pola hidup sehat itu, diyakini resiko tertular virus corona bisa ditekan. Untuk mendukung kesehatan lansia, Muslimatun yang juga Wakil Bupati Sleman ini meminta kepada gugus tugas penanganan Covid-19 untuk menganggarkan bantuan pemberian multivitamin dan asupan bergizi bagi lansia.

Disamping itu, gugus tugas diminta untuk selalu menyampaikan kepada warganya agar tidak mudik. Sebab, kedatangan pemudik dari zona merah akan membuat lansia semakin rentan tertular Covid-19.

“Lansia juga diimbau untuk mengingatkan anaknya yang berada di perantauan agar tidak usah pulang dulu. Bukan hanya mereka, usia balita pun rawan tertular,” ucap Muslimatun.
Jumlah lansia di Sleman sendiri cukup tinggi yakni sekitar 15 persen dari total penduduk.
Tingginya faktor resiko lansia ini juga tergambar di dalam data Gugus Tugas Penanganan Covid-19 DIY.

Sesuai ketentuan UU Nomer 13 Tahun 1998 tentang Kesejahteraan Lanjut Usia, batasan usia lansia adalah 60 tahun. Berdasar data, dari 69 kasus positif Covid-19 di DIY, 17 pasien diantaranya berusia 60 tahun atau lebih. Kebanyakan, pasien positif berumur kisaran 50 tahun.
Menurut Juru Bicara Pemda DIY untuk Penanganan Covid-19, Berty Murtiningsih, pasien usia lanjut termasuk kategori faktor resiko tinggi. Oleh karena itu, para lansia dan penderita penyakit kronis semestinya mendapat perlindungan ekstra.

“Mereka ini sangat rentan baik dari sisi imunitas maupun resiko komorbidnya dibandingkan yang masih muda dan tanpa komorbid,” ujarnya.


Amelia Hapsari

1 Komentar

  1. 910744 649901Likely to commence a business venture around the refers to disclosing your products and so programs not just to individuals near you, remember, though , to several potential prospects more by way of the www often. earn cash 66841

Tinggalkan Balasan