Cacing Hati Ditemukan Pada Hewan Kurban

TEMANGGUNG, SM Network – Petugas dari Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Temanggung menemukan cacing hati pada organ dalam hewan kurban, pada saat dilaksanakan penyembelihan hari pertama Idul Adha 1414 Hijriah tahun 2020. Temuan itu langsung diamankan untuk dimusnhakan.

Kepala Bidang Kesehatan Hewan, Dinas Perikanan dan Peternakan, Kabupaten Temanggung Esti Dwi Utami mengatakan, sekian banyak hewan kurban yang disembelih di Kabupaten Temanggung memang ada yang terdeteksi terdapat cacing hati. Hal itu pertama dapat dilihat dari sudah rusaknya organ seperrti hati yang tampak berlubang.

“Saat ini kasusnya masih sama dengan tahun sebelumnya, yakni ditemukannya cacing hati. Ada sapi setelah kita investigasi memang berasal dari wilayah endemis cacing hati, yakni Kecamatan Kaloran,”ujarnya, Jumat (31/7).

Menurutnya, temuan itu juga berkat laporan dari 82 orang Tim Pemantau Hewan Kurban yang disebar di 20 kecamatan. Laporan masuk itu lalu segera ditindaklanjuti dengan penyitaan di mana yang ada cacing hatinya disingkirkan.

“Kalau sampai terkonsumsi manusia jelas berbahaya apalagi kalau dimasak setengah matang saja, terutama telurnya karena itu juga bisa merupakan penyakit zoonosis, sehingga bisa menyebabkan sakit pada manusia. Temuan itu langsung kita sayat pada bagian yang rusak dan ada cacing hatinya. Selanjutnya untuk dimusnahkan dan tidak dibagikan kepada mustahiq”katanya.

Tasrif, salah satu panitia penyembelihan hewan di Kowangan Temanggung mengatakan, setelah diketahui ada penemuan cacing hati langsung diamankan. Panitia lalu berkonsultasi dengan dokter hewan dari dinas terkait mengenai langkah yang harus dilakukan.

“Ada ditemukan pada satu sapi. Tadi sudah koordinasi dengan dokter hewan, bahwa itu tidak bisa digunakan, tidak bisa dikonsumsi. Maka untuk keamanan maka kita musnahkan dengan cara dibakar,”terangnya.


Raditia Yoni Ariya/K41

2 Komentar

  1. 438586 153090Hey, you used to write outstanding, but the last few posts have been kinda boringK I miss your super writings. Past few posts are just just a little out of track! come on! 484961

  2. 307441 553924extremely excellent put up, i really really like this internet site, maintain on it 444304

Tinggalkan Balasan