Cabup Terpilih Prioritaskan Pembangunan Infrastruktur Jalan

KEBUMEN, SM Network – Bupati terpilih Arif Sugiyanto yang saat ini menjabat Wakil Bupati Kebumen menegaskan komitmennya untuk memprioritaskan pembangunan infrastruktur jalan. Hal tersebut disampaikan Arif saat menghadiri rapat bersama seluruh pejabat struktural Dinas PUPR Kabupaten Kebumen.

Menurutnya, sebuah Kabupaten/Kota semestinya memperhatikan urusan infrastruktur jalan, karena merupakan potret dari sebuah daerah bersangkutan. “Infrastruktur jalan merupakan potret sebuah Kabupaten/Kota, sehingg kondisi jalan di Kebunen harus mantap,” tambahnya.

Diketahui, kerusakan jalan di Kebumen sat ini cukup banyak seiring turunnya hujan hampir saban hari. Paling mendapat sorotan yakni ruas jalan Purwodeso – Petanahan, Gumenter – Kabuaran dan Kambalan – Ambal. Tiga ruas jalan tersebut mendapat prioritas penanganan dengan realisasi Februari 2021.

Untuk penanganan jalan Purwodeso – Petanahan dengan dana dari APBD sebesar Rp 3,6 miliar, ruas jalan Gumenter – Kabuaran Rp 5,7 miliar dan penanganan ruas jalan Kambalan – Ambal sebesar Rp 3,6 miliar. Untuk penanganan dua ruas jalan terakhir tersebut menggunakan dana alokasi khusus (DAK).

Selanjutnya penanganan ruas jalan lain, yang dilelang Februari 2021. Seperti ruas jalan Karanggayam – Kebakalan, Selokerto – Buayan, Karangsambung – Sadang Wetan, Demangsari – Bulurejo, Belug – Canduringgo, Sendang Dalem – Bendungan dan Peniron – Karanggayam. Total penanganan jalan rusak di Kebumen tahun 2021 ada 30 paket dengan jumlah dana sekitar Rp 61,6 miliar.

Terdapat pula penanganan jalan yang tahapannya belum rampung yaitu ruas jalan Krakal – Kaligending dan Krakal – Wadasmalang. Ruas jalan yang cukup panjang itu telah dikerjakan pada tahap sebelumnya mulai 2018 dan berlanjut 2019. Untuk 2020 mengalami jeda gegara korona.

Dalam rapat sekaligus pembinaan pegawai yang juga dihadiri Sekretaris Daerah Ahmad Ujang Sugiono itu dipaparkan pula laporan anggaran dan kegiatan DPUPR yang disampaikan Kepala DPUPR Kebumen Haryono Wahyudi.

Tinggalkan Balasan