Bupati Wonosobo Gagal Tunaikan Umrah

WONOSOBO, SM Network – Bupati Wonosobo Eko Purnomo yang sedianya menunaikan ibadah Umrah selama 12 hari harus menghentikan niatnya. Pasalnya, Pemerintah Arab Saudi secara mendadak menutup dan melarang jemaah umrah di seluruh dunia untuk datang ke wilayahnya.

Hal itu dilakukan guna mencegah penyebaran virus corona atau Covid-19 di beberapa negara. Diketahui, Eko Purnomo bersama keluarga pada Rabu (26/2) menggelar doa bersama sekaligus berpamitan untuk melakukan ibadah umrah ke Tanah Suci pada Kamis (27/2).

“Mohon doa dan restu untuk keberangkatan umroh. Semoga dengan doa bapak dan ibu akan memberikan kekuatan, kesabaran, kelancaran, kemudahan dan kesehatan selama melaksanakan umroh di Tanah Suci Mekkah selama 12 hari,” ungkap Eko saat berpamitan.

Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda, Satriyatmo membenarkan gagalnya pemberangkatan umrah Bupati Wonosobo. Lewat sambungan telepon Jumat (28/2) dirinya mengatakan, Bupati masih berada di Jakarta akibat gagalnya pemberangkatan umrah tersebut.

“Pak Bupati sekarang masih di Jakarta, terkait pemberangkatan umrah kami belum tahu kapan akan di buka kembali. Pihak biro sudah menginformasikan bahwa pemberangkatan umrah dibatalkan,” jelasnya.

Terpisah, Kepala Seksi Penyelenggaran Haji dan Umrah Kementerian Agama Wonosobo, Mahbub mengatakan, pihaknya secara pasti belum mengetahui berapa jumlah warga Wonosobo yang batal melaksanakan umrah dan yang masih berada di Mekkah.

” Kami tidak tau pasti berapa jumlahnya, itu ada di masing-masing biro umrah. Kalau kita taunya data untuk Haji reguler. Terkait di hentikanya Umrah, sudah ada surat edaran ke kami,”jelasnya.


Adib Annas M

Tinggalkan Balasan