Bupati Temanggung Muhammad Al Khadziq

TEMANGGUNG, SM Network – Bupati Temanggung Muhammad Al Khadziq menyebut sampai saat ini belum ada transmisi lokal terkait penularan Covid-19 di wilayahnya. Meski telah ada enam orang dinyatakan positif korona, namun semua adalah penularannya terjadi di luar daerah.

“Untuk di Kabupaten Temanggung sejauh ini belum ada kasus Covid-19 yang merupakan transmisi lokal, semuanya merupakan transmisi luar. Akan tetapi saya tetap meminta masyarakat untuk selalu waspada, sebab virus ini mudah sekali menularnya, pokoknya harus hati-hati,”katanya, kemarin.

Khadziq menyebut pihaknya sangat serius dalam melakukan penanganan wabah korona, di mana saat ini dia telah mengusulkan anggaran mendahului APBD perubahan tahun 2020 pada pos belanja tidak terduga sebesar Rp 92,8 miliar. Jumlah tersebut akan digunakan untuk penanganan dan pencegahan persebaran Covid-19, termasuk adanya dampak sosial ekonomi di masyarakat.

“Sumber pembiayaan untuk usulan anggaran tersebut dilakukan dengan cara refocusing dan/atau perubahan alokasi anggaran (realokasi anggaran) sebagaimana diamanatkan dalam Instruksi Presiden nomor 4 tahun 2020 tentang refocusing kegiatan, realokasi anggaran kegiatan serta pengadaan barang dan jasa dalam rangka percepatan penanganan COVID-19. Lalu sesuai Instruksi Menteri Dalam Negeri nomor 1 tahun 2020 tentang pencegahan penyebaran dan percepatan penanganan COVID-19 di lingkungan pemerintah daerah,”katanya.


Raditia Yoni Ariya

5 KOMENTAR