SM/Dananjoyo

SLEMAN, SM Network – Bupati Sleman Sri Purnomo mengimbau kepada pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati terpilih nantinya agar tidak merayakan kemenangan dengan berlebihan. Di tengah situasi pandemi Covid-19, kegiatan yang bersifat pengumpulan massa dilarang. “Jangan sampai terjadi kerumunan atau konvoi,” kata Sri, Kamis (10/12).

Pada pelaksanaan pencoblosan Rabu (9/12) lalu, dia bersama unsur Forkompimda meninjau sejumlah TPS untuk memastikan proses berjalan lancar dan sesuai dengan protokol kesehatan. Lokasi yang ditinjau antara lain TPS 009 di Dusun Wonorejo, Kapanewon Ngaglik, TPS 48 di Dusun Gejayan, dan Asrama Haji Yogyakarta. TPS Asrama Haji merupakan salah satu TPS khusus bagi para pasien Covid-19 yang diisolasi.

Dari hasil pantauan, Sri menilai pelaksanaan Pilkada di wilayahnya berjalan lancar, dan memenuhi standar protokol kesehatan. Semisal terlihat dari tidak adanya penumpukan karena jadwal kedatangan pemilih telah diatur, serta keharusan pemilih memakai masker dan mencuci tangan sebelum masuk ke area TPS.

“Protokol di TPS khusus Asrama Haji bahkan sangat ketat. Seluruh petugasnya adalah tenaga kesehatan yang bertugas di Asrama Haji dan mereka menggunakan alat pelindung diri lengkap termasuk hazmat,” paparnya.

Terpisah, Ketua KPU Sleman Trapsi Haryadi mengatakan, pemungutan suara bagi pasien Covid-19 dilayani mulai pukul 12.00 WIB. Keseluruhan terdapat 60 orang pemilih di Asrama Haji, dan 25 orang di Rusunawa Gemawang. Mereka adalah pasien tanpa gejala.

Sementara, jumlah pemilih yang dirawat di RS Sardjito karena menderita Covid-19 tercatat 30 orang. “Pasie yang memiliki hak pilih, tetap dilayani sesuai standar. Sebelumnya, kami sudah berkoordinasi dengan pihak rumah sakit dan Gugus Tugas Penanganan Covid-19,” ujarnya.

Pasien yang menjalani isolasi mandiri pun tidak luput dari perhatian. Mereka tetap bisa menyalurkan hak suaranya lewat petugas KPPS yang jemput bola. Untuk mengurangi resiko penularan virus, petugas menggunakan hazmat dan memperhatikan jarak.

Supaya meminimalisir sentuhan, surat suara diberikan dalam kondisi sudah terbuka. Setelah selesai dicoblos pun, surat suara tidak dilipat melainkan langsung dimasukkan ke kantong plastik. Sementara itu, hasil real count KPU per Kamis (10/12) pukul 15.00 WIB menyebutkan, pasangan Kustini Sri Purnomo-Danang Maharsa unggul sementara dengan perolehan 39,1 persen. Suara itu didapat dari 1.000 TPS yang masuk atau sekitar 47 persen dari total 2.125 TPS.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here