Bupati Purworejo Pastikan Belum Akan Terapkan PSBB

SM/Heru Prayogo/ Bupati Purworejo, Agus Bastian (tengah), memberikan keterangan pers, di rumah singgah bagi tenaga kesehatan yang bertugas di bangsal penanganan Covid-19, di Hotel Ganesha, Selasa (28/04/2020)

PURWOREJO, SM Network – Bupati Purworejo, Agus Bastian, memastikan belum akan menerapkan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) di wilayah pemerintahanya. Pernyataan ini sekaligus menampik isu yang beredar di masyarakat mengenai status karantina wilayah (PSBB) di Purworejo.

“Sementara waktu belum. Memang kasusnya meningkat, tetapi belum waktunya untuk memutuskan PSBB,” katanya, usai memantau rumah singgah bagi tenaga kesehatan yang bertugas di bangsal penanganan Covid-19, di Hotel Ganesha, Selasa (28/04/2020), waktu petang.

Agus Bastian berpendapat, kondisi di Purworejo masih relatif kondusif. Kesadaran masyarakat dalam menjalankan protokol kesehatan untuk meminimalisir rantai penularan Covid-19, juga cukup baik. Himbauan social/physical distancing tanpa PSBB, dinilai masih efektif.

Terkait dengan kasus positif Covid-19 yang terus bertambah, kata Agus Bastian, pemerintah daerah telah menyiapkan ruang isolasi yang cukup. Beberapa aset daerah seperti Gedung Wanita, Gedung Kesenian, dan gedung lain yang memadai, akan disiapkan menjadi tempat penampungan.

“(Alternatif tempat isolasi) sudah kita siapkan apabila terjadi lonjakan (kasus Covid-19),” ujarnya.

Agus Bastian, menghimbau kepada masyarakat untuk tetap waspada, namun tidak perlu panik. Terkait dengan data perkembangan Covid-19 di Purworejo, masyarakat dihimbau hanya merujuk pada sumber referensi yang akurat, atau di website resmi pemerintah covid19.purworejokab.go.id.

Heru Prayogo

2 KOMENTAR