SM/Supriyanto - TANAM POHON: Kapolres Kebumen AKBP Piter Yanottama menanam bibit pohon di bukit Sipako Desa Wonotirto, Kecamatan Karanggayam, Kebumen, Kamis (11/3).

KEBUMEN, SM Network –  Polres Kebumen bersama dengan TNI dan Perum Perhutani KPH Kedu Selatan, BKPH Kebumen menggelar tanam pohon di bukit Sipako Desa Wonotirto, Kecamatan Karanggayam, Kebumen, Kamis (11/3). Bibit pohon yang ditanam pada kesempatan itu meliputi tanaman buah-buahan seperti mangga, kelengkeng, alpukat, rambutan, jambu, dan durian.  

Kapolres Kebumen AKBP Piter Yanottama mengatakan,  bahwa tanam bibit pohon tersebut dalam rangka mensukseskan program penghijauan yang dicanangkan pemerintah. Kegiatan tanam pohon digelar di lahan seluas kurang lebih 14 hektar itu sekaligus untuk menanggulangi bencana alam yang marak terjadi di Kebumen.

“Ini kegiatan sangat positif sekali, yakni penghijauan. Kami berharap, bencana banjir, longsor bisa dihindari dengan kegiatan tanam pohon ini,” jelas Kapolres Kebumen AKBP Piter Yanottama.

Asper Perhutani BKPH Kebumen Ari Kurniawan mengungkapkan bahwa pihaknya menyambut baik adanya dukungan dari Polres Kebumen terkait program penghijauan di Bukit Sipako. Menurutnya, program penghijauan itu penting untuk kelestarian alam dan harus didukung oleh semua pihak. “Sehingga dengan program ini, hutan dapat memberikan kemanfaatan bagi masyarakat,” ujarnya.

Wisata Agro

Area hutan di petak 161 D, di RPH Peniron, KPH Karanganyar  itu rencana untuk wisata agro. Dengan ditanam durian, alpukat, kelengkeng, bisa dimanfaatkan bersama-sama. Pohon yang ditanam selanjutnya bisa dimanfaatkan warga masyarakat yang tengah berwisata.

“Ini menjadi angin segar kepada warga masyarakat, karena sebentar lagi Kebumen memiliki wisata alam yang indah di Bukit Sipako,” ujarnya. Dia menambahkan, tempatnya yang tidak terlalu jauh dari pusat kota, bisa dijadikan alternatif untuk berwisata memandang hijaunya bukit lukisan alam yang merupakan singkapan asar samudra.