Bukannya Dirumah, Pelajar Di Magelang Terpergok Di Sejumlah Warnet

MAGELANG, SM Network – Komisi A DPRD Kota Magelang turut dalam razia pelajar yang dilakukan Satpol PP di sejumlah warnet dan game online, Jumat (27/3). Hal ini guna memastikan pelajar mengikuti surat edaran dari Pemkot Magelang agar tetap di rumah untuk mengikuti kegiatan belajar mengajar (KBM).

Namun disayangkan, di beberapa tempat usaha warnet/game online masih ditemui pelajar yang bermain game online di waktu belajar. Pelajar yang terjaring pun diminta pulang ke rumah masing-masing dan memberi peringatan agar tidak dilakukan kembali.

“Sengaja kami ikut keliling Satpol PP ke warnet dan game online untuk memastikan tidak ada pelajar yang keluyuran di jam belajar. Juga memastikan mereka mengikuti arahan pemerintah agar belajar di rumah guna mencegah penyebaran virus korona,” ujar Anggota Komisi A, Tyas Anggraeni.

Dia menuturkan, selain meminta pelajar untuk pulang tanpa diberi sangsi terlebih dahulu, pihaknya juga meminta kepada pengusaha setempat agar tidak menerima pelanggan dari kalangan pelajar. Utamanya di jam belajar saat diberlakukan KBM di rumah.

“Kalau membandel, kami bisa minta pemerintah untuk menutup usahanya. Kami harap juga pelajar dapat mematuhi surat edaran dari Pemkot Magelang, kalau belajar dari rumah yang di rumah saja, tidak keluyuran ke warnet atau game online,” kata politisi Partai Hanura itu.

Senada disampaikan Ketua Komisi A, Iwan Soeradmoko alias Koko bahwa, pengusaha jangan sampai menerima kunjungan dari pelajar di saat berlaku KBM di rumah. Dalam razia ini, ia beserta anggota juga menemukan sekelompok pelajar yang bergerombol di titik WiFi gratis.

“Kami sempat melihat ada segerombol pelajar di bawah pohon dengan memanfaatkan WiFi gratis. Ini kurang tepat juga, maka kami minta WiFi gratis untuk publik dimatikan sementara agar tidak terjadi gerombolan orang di saat kita sedang menerapkan social distancing,” tuturnya.

Dalam razia ini, turut pula sekretaris Komisi A, Atang Kustiono, anggota Ahmad Widodo, dan Ventje Jehekiel. Selain ke warnet/game online, wakil rakyat ini juga mengunjungi area publik Alun-alun Kota Magelang dan kuliner Tuin Van Java (TVJ).

“Di tempat umum seperti TVJ ini, kami minta pengunjung dan pedagang tetap menjaga diri dengan memakai masker. Bagi pedagang, harus menyediakan tempat cuci tangan beserta sabunnya dan bila ada hand sanitizer serta menerapkan social distancing,” jelasnya.


Asef Amani           

Tinggalkan Balasan