Breksi Dan Candi Ijo Siap Sambut Wisatawan

SLEMAN, SM Network – Dua destinasi wisata di Kabupaten Sleman yakni Tebing Breksi dan Candi Ijo, siap untuk menyambut kedatangan wisatawan di era new normal. Jumat (12/6) ini telah dilakukan simulasi persiapan penerapan new normal di objek tersebut. Simulasi diikuti oleh Bupati, dan sejumlah pejabat Pemkab Sleman dengan berkunjung langsung ke lokasi.

Pada kegiatan simulasi itu tampak rombongan dicek terlebih dulu suhu tubuhnya ketika akan memasuki objek. Setelah itu, Bupati dan jajarannya mempraktikkan cuci tangan di wastafel yang disediakan di dekat area parkir. Baru kemudian, rombongan berkeliling destinasi dengan tetap mengenakan masker.

Ketua kelompok sadar wisata (pokdarwis) Tlatar Seneng, Mujimin mengatakan, sudah ada setidaknya lima standar operasional prosedur yang disiapkan bagi pengunjung, dan pengelola termasuk pelaku usaha kuliner dan jip wisata di area Tebing Breksi. “Kami sudah menyiapkan alat pelindung diri untuk pengelola yang sesuai dengan protokol Covid-19. Jaga jarak juga diterapkan antar kelompok,” terangnya.

Pengelola telah menyediakan 55 wastafel yang tersebar di 15 titik seperti area pintu masuk, parkir, musola, balkondes, dan stan kuliner. Jika dirasa masih kurang, fasilitas cuci tangan akan ditambah khususnya pada titik-titik yang berpotensi tinggi aktivitas.

Disamping itu, pengelola menyiapkan audio visual untuk mengingatkan pengunjung agar selalu menjaga jarak. “Balkondes juga siap menerima tamu yang menginap tapi dengan syarat membawa surat keterangan sehat, dan dilihat riwayat perjalanannya,” kata Mujimin.

Terkait kesiapan protokol ini, pihaknya telah bekerjasama dengan puskesmas, dan Gugus Tugas Penanganan Covid-19. Langkahnya termasuk pula dengan menyiapkan posko kesehatan.
“Tidak ada batasan jumlah pengunjung karena kami yakin sudah ada protokol,” ucapnya optimis.
Tebing Breksi ditutup bagi kunjungan wisatawan sejak 24 Maret 2020. Meski demikian, tidak ada pekerja yang dirumahkan. Keseluruhan ada 115 orang yang menggantungkan nafkah dari pengelolaan objek wisata di Kecamatan Prambanan tersebut.

Masa penutupan itu justru dimanfaatkan untuk menata dan membersihkan area. Dari hasil tinjauan lokasi, Bupati Sleman Sri Purnomo menilai objek wisata Breksi dan Candi Ijo siap untuk menerima kehadiran wisatawan. “Kapan pun, objek ini siap untuk dibuka. Monggo jika masyarakat ingin berkunjung, bahkan kalau mau datang besok Minggu juga dipersilakan,” ujarnya.
Pembukaan objek wisata di Sleman rencananya dilakukan secara bertahap. Pekan depan, giliran objek wisata di kawasan lereng Merapi yang akan dibuka.


Amelia Hapsari

5 Komentar

  1. Like!! Really appreciate you sharing this blog post.Really thank you! Keep writing.

  2. Hi there, after reading this amazing paragraph i am as well delighted to share my knowledge here with friends.

  3. These are actually great ideas in concerning blogging.

Tinggalkan Balasan