BPJS Kesehatan Kebumen Siap Dukung Vaksinasi Covid-19

KEBUMEN, SM Network – BPJS Kesehatan Kantor Cabang Kebumen siap mendukung pelaksanaan vaksinasi Covid-19. Peran dan dukungan BPJS Kesehatan dalam pelaksanaan vaksinasi adalah penyediaan aplikasi Primary Care Vaksinasi Dinas Kesehatan (Pcare Vaksinasi Dinkes).

Kepala BPJS Kesehatan Kantor Cabang Kebumen Wahyu Giyanto menjelaskan, aplikasi ini dapat digunakan oleh Dinas Kesehatan untuk melakukan pendaftaran fasilitas kesehatan yang akan memberikan pelayanan vaksinasi (faskes vaksinator).

“Penyediaan PCare Vaksinasi Faskes yang digunakan faskes vaksinator untuk melakukan pencatatan pelayanan vaksinasi dan melakukan sosialisasi aplikasi PCare vaksinasi kepada Dinas Kesehatan dan fasilitas kesehatan,” ujar Wahyu Giyanto saat Rapat Koordinasi dengan Dinas Kesehatan Kebumen terkait persiapan vaksinasi Covid-19.

Sebanyak 35 kepala Puskesmas dan enam direktur rumah sakit di Kebumen yang terpilih untuk melakukan vaksinasi hadir dalam Rakor yang digelar di Aula Dinas Kesehatan Kebumen. Kordinasi ini dilakukan agar kegiatan vaksinasi dapat dilaksanakan secara efektif dan efisien.

Adapun rencananya vaksinasi akan dimulai pada pekan kedua bulan Januari 2021. Kegiatan ini dilakukan karena penanganan dan pengendalian penyebaran Covid 19 membutuhkan sinergi dari seluruh elemen bangsa.

Pendidkan dan Latihan

Wahyu menambahkan bahwa terkait tahapan, sasaran penerima vaksin, kriteria fasilitas kesehatan vaksinator dan ketentuan lain pada pelaksanaan vaksinasi Covid-19 diatur oleh Kementerian Kesehatan maupun Tim Pelaksana Komite Penanganan Covid 19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PCPEN).

Kepala Dinas Kesehatan Kebumen, dr Dwi Budi Satrio menuturkan persiapan vaksinator yang sudah ditunjuk siap untuk melaksanakan vaksinasi. Sebanyak 35 Puskesmas dan enam rumah sakit yang ditunjuk oleh Dinas Kesehatan Kebumen sudah siap untuk melakukan vaksinasi Covid-19.

“Pelatihan dan pendidikan sudah dilakukan kepada vaksinator sehingga di lapangan nanti diharapkan sudah handal. Vaksinasi ini dimulai secara serentak pada 14 Januari 2021. Pada 13 Januari 2021 akan dilakukan simulasi terlebih dahulu,” ujar Budi Satrio.

Tinggalkan Balasan