Bonorowo Bakal Dijadikan Sentra Ikan Kebumen

KEBUMEN, SM Network – Delapan kelompok pembudidaya ikan yang tersebar di delapan desa pada Kecamatan Bonorowo, Kebumen memiliki produksi cukup melimpah. Di antaranya gurame, nila dan lele.

“Kalau ingin ikan yang masih segar, ada di Bonorowo,” ujar Bupati Kebumen Yazid Mahfudz saat melakukan panen ikan gurame di Desa Tlogorejo Kecamatan Bonorowo, Sabtu (1/8).

Hadir Sekda Ahmad Ujang Sugiono, para Asisten Sekda, Kepala Bappeda Pudji Rahaju, Plt Kepala Dislutkan Masagus Herunoto, serta sejumlah pejabat lainnya.

Dalam kesempatan itu, Bupati Yazid bertekad mengembangkan wilayah Kecamatan Bonorowo sebagai sentra ikan Kebumen. Hal ini lantaran produksi ikan air tawar di wilayah ini cukup melimpah.

Tak hanya itu, Bonorowo juga dinilai telah menerapkan budidaya ikan berbasis kawasan yang bertanggung jawab dan menerapkan prinsip ramah lingkungan. Sehingga tidak berlebihan jika Bonorowo jadi sentra ikan Kebumen.

Ketua Forum Pembudidaya Ikan (FPI) Kecamatan Bonorowo, Wibisono Susanto menambahkan, stok gurame pada pembudidaya di Bonorowo mencapai 10 ton. Hasil budidaya gurame itu, kata dia, merupakan program bantuan dari Pemkab Kebumen dengan nilai Rp 500 juta. Bantuan berupa hibah sarana dan prasarana, pompa air, kolam terpal, benih dan pakan ikan.

“Harapan kami karena potensi sumber alamnya bagus, ikon ikan di Kebumen itu Bonorowo,” kata dia.


Arif Widodo / K5

Tinggalkan Balasan