Birokrasi Jangan Hamburkan Uang Negara

TEMANGGUNG, SM Network – Bupati Muhammad Al Khadziq meminta kepada seluruh instansi di lingkup Pemerintah Kabupaten Temanggung agar dalam menyusun dokumen pelaksanaan anggaran (DPA) untuk berhati-hati dan kelak benar-benar bermanfaat untuk masyarakat. Dia meminta agar orang-orang dibirokrasi untuk tidak menghamburkan uang negara tanpa tujuan jelas dan capaian tertentu.

“Selama ini kebiasaan birokrasi dalam menyusun DPA dan melaksanakannya kurang perhitungan selalu menghambur-hamburkan uang negara. Birokrasi itu kan kebiasaannya mentang-mentang pagunya Rp 1 miliar dihabis-habiskan. Sesungguhnya belanjanya hanya Rp 700 juta dimolor-molorkan biar genap satu miliar,”ujarnya kemarin.

Berdasarkan hal tersebut maka dia, meminta ke depan semua pihak agar dalam penyusunan atau pun pembelanjaan anggaran itu serupiah demi serupiah itu bermanfaat bagi masyarakat. Jangan hanya karen untuk menggenapi pagu yang misalnya Rp 1 miliar terus para birokrasi membelanjakan untuk hal tidak penting.

“Dengan belanja-belanja yang tidak penting seperti alat tulis, perjalanan dinas, konsumsi kalau itu dijumlah seluruh Kabupaten Temanggung kan jumlahnya sangat besar. Padahal di tubuh pemerintah ini ada ratusan kegiatan,”katanya.

Kendati demikian, dia mengatakan, sesungguhnya hal itu tidak hanya di satu birokrasi Pemkab Temanggung saja, namun hampir semua birokrasi rata-rata seperi itu. Hanya jumlah atau nominal anggarannya saja yang berbeda, besar atau kecil.

“Semua ini terjadi memang tidak hanya soal pengawasan saja, tetapi memang budaya birokrasi juga. Dimana-mana seperti itu, tidak hanya di Temanggung saja. Maka dari itu saya meminta setiap kepala dinas untuk melakukan inovasi dan tidak hanya bekerja berdasarkan DPA semata,”katanya.


Raditya Yoni A

3 Komentar

  1. 900862 700090Maintain up the amazing piece of work, I read few posts on this internet internet site and I feel that your web blog is actually interesting and contains lots of superb info. 982267

  2. 391486 586288Dead written articles , appreciate it for entropy. 792028

  3. 132639 333341obviously like your website but you have to test the spelling on quite a few of your posts. 554850

Tinggalkan Balasan