SM/Arif Widodo - ANTUSIAS : Peserta antusias mengikuti Bimtek pengelolaan website desa online dan pengelolaan media sosial pemerintah desa di pendapa Kecamatan Alian, Kamis (18/3).

ALIAN, SM Network – Pemerintah Kecamatan Alian, Kabupaten Kebumen menggelar bimbingan teknis (Bimtek) pengelolaan website desa online dan pengelolaan media sosial pemerintah desa, Kamis (18/3). Kegiatan yang dilaksanakan di pendapa Kecamatan Alian itu diikuti oleh operator desa Se-Kecamatan Alian.

Selain sebagai upaya peningkatan pelayanan penyelengaraan pemerintah desa, kegiatan tersebut juga mendukung program kerja 100 hari Bupati Arif Sugiyanto yakni desa melek internet (Desmeli). Sehingga seluruh desa di Kebumen semuanya bisa melek internet. Untuk kecamatan Alian sendiri terdapat 16 desa.

“Nantinya juga akan dilounching, sebagai tanda bahwa program tersebut telah dilaksanakan di seluruh desa-desa se-Kabupaten Kebumen,” kata Camat Alian, Sugito Edi Prayitno SIP saat membuka Bimtek di pendapa setempat.

Bimtek itu pun penting agar memudahkan percepatan penyebaran informasi terkait perkembangan terbaru aplikasi desa online Kebumen. Di mana aplikasi tersebut terdapat bermacam menu, mulai dari website desa, database perangkat, pelayanan administrasi dan e-letter atau surat elektronik.

Ke depan, jelas Sugito, juga masih akan dikembangkan lagi terkait aplikasi tersebut. Karena itu, pihaknya menganggap penting pelaksanaan Bimtek pengelolaan website desa online dan pengelolaan media sosial pemerintah desa.

Disebutkan Gito, sapaan akrab Sugito Edi Prayitno, oeserta Bimtek kali ini diikuti sebanyak 48 orang yang terdiri atas 32 operator desa, 7 orang pendamping desa, 3 orang operator kecamatan yang didampingi para Kasi Kecamatan Alian.

Mereka mendapatkan penjelasan baik teori maupun praktik oleh narasumber dari Diskominfo Kebumen, Nanang Aris dan Danang S. “Kegiatan ini untuk mendukung secara nyata program kerja 100 hari Bupati Kebumen yaitu Desmeli,” jelas Gito.

Lebih lanjut, kegiatan tersebut ditutup dengan penyampaian materi program Desmeli oleh pembicara dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dispermades P3A) Kebumen Andi Bawono.