Bermanfaat Untuk Sesama, Ponpes Azziyadah Dekati Anak Jalanan

PURWOREJO, SM Network – Ada sesuatu yang istimewa dari Pondok Pesantren (Ponpes) Azziyadah yang terletak di Desa Tegalsari, Kecamatan Bruno, Purworejo. Di samping mengajarkan ilmu agama kepada para santri pada umumnya, Ponpes ini juga mendekati anak dan remaja jalanan yang hidupnya kental dengan berbagai pengaruh negatif, agar menjadi lebih baik.

Salah satu pengasuh Ponpes Azziyadah, Taufik Hidayat (29) menuturkan, langkah untuk mendekati anak dan remaja jalanan ini karena memegang prinsip bahwa hidup dapat bermanfaat untuk orang lain. Tidak hanya bermanfaat bagi orang-orang yang baik saja, tetapi juga ingin bermanfaat di lingkungan orang-orang yang “kurang baik”.

“Karena anak dan remaja jalanan bukan orang yang harus dijauhi tapi harus didekati pula. Dengan harapan memberikan penyadaran ke jalan yang sesuai ajaran Islam dalam Al Qur’an,” ungkap Taufik yang juga sebagai menantu pemilik Ponpes Azziyadah, saat menerima kunjungan dari Wakil Bupati, Yuli Hastuti.

Walaupun tidak mudah menerapkan prinsip itu, karena harus menghadapi berbagai cemoohan ketika mendekati orang jalanan, tapi tidak mematahkan semangatnya untuk tetap akan melakukan sesuatu yang bermanfaat.

“Banyak ungkapan-ungkapan sinis yang mengatakan, anak kyai kok mau dekat-dekat dengan orang jalanan. Saya menganggap ini tantangan yang harus saya hadapi,” tuturnya.

Tinggalkan Balasan