Beringin Tumbang Timpa Gedung TK di Sleman

SLEMAN, SM Network – Sebuah pohon beringin tumbang, dan menimpa bangunan Taman Kanak-kanak (TK) Among Siwi di Dusun Patran, Desa Banyuraden, Kecamatan Gamping, Sleman, Senin (28/9). Beruntung kejadian itu tidak menimbulkan korban jiwa.

Sesuai laporan yang masuk ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sleman, kejadian ini mengakibatkan dinding kelas B1 TK tersebut mengalami retak. Selain itu dilaporkan kerusakan atap, dan usuk bangunan.

“Penanganan hingga hari ini baru sekitar 40 persen. Upayanya berupa pemotongan dan pembersihan pohon, serta assesment oleh tim,” ungkap Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Sleman Makwan.

Peristiwa ini terjadi sekira pukul 08.00 WIB. Pohon berukuran diameter 2,5 meter tersebut tumbang diduga karena akarnya sudah rapuh.

Direktur Walhi DIY Halik Sandera meminta pemerintah melakukan monitoring secara rutin terhadap potensi pohon yang rawan tumbang. Hal ini mengingat musibah angin kencang selalu terjadi setiap tahun.

“Hasil monitoring juga perlu disampaikan kepada publik, supaya masyarakat bisa ikut merawat pohon yang ada di lingkungan masing-masing,” tukas Halik.

Beberapa hal yang perlu dimonitor antara lain tingkat kerapuhan, dan jenis perakaran pohon. Dari monitoring itu bisa diukur mendesak atau tidaknya upaya pemangkasan.

Menjelang musim hujan ini, masyarakat juga diimbau mewaspadai bahaya pohon ambruk. Disarankan untuk memangkas pohon yang terlalu rimbun, atau dahannya sudah mengganggu jalan dan atap.

amun Halik mengingatkan agar terlebih dulu mencermati kondisi akar pohon. Sebab jika asal memangkas justru bisa memicu pohon tumbang ketika terjadi hujan dan angin kencang.

Tinggalkan Balasan