Berikut Wisata di Bantul Yang Banyak Dikunjungi Wisatawan Dimasa Pandemi

BANTUL, SM NetworkSebanyak 249.935 wisatawan bertamasya ke sejumlah objek wisata di Bantul selama uji coba pembukaan objek wisata di masa pandemi Coronavirus Disease atau Covid-19. Data tersebut dicatat sejak 1 Juli sampai 9 Agustus 2020.

Sekretaris Dinas Pariwisata Bantul, Annihayah, mengatakan data tersebut tercatat di objek wisata yakni Pantai Parangtritis dan sekitarnya, Pantai Samas, Pantai Gua Cemara, Pantai Pandansimo, Pantai Kuwaru, Gua Selarong, dan Gua Cerme.

Keterangan Foto : Wisatawan bertamasya menikmati pemandangan suasana pantai di Sanden, Bantul, DI Yogyakarta.

Sementara wisatawan yang berkunjung ke objek wisata yang dikelola masyarakat seperti desa wisata dan wisata Mangunan belum terekap karena pembukaan destinasinya berbeda-beda waktunya.

“Totalnya wisatawan di objek wisata yang dikelola Dinas Pariwisata ada 249.935 orang dengan Pendapatan Asli Daerah (PAD) mencapai 2,427 miliar,” terang Annihayah.

Menurutnya meski sudah banyak pengunjung selama masa adaptasi kebiasaan baru (AKB) ini, jumlah wisatawan masih lebih sedikit dibandingkan tiga bulan sebelum adanya pandemi Covid-19.

Ia menyebutkan jumlah wisatawan selama tiga bulan sebelum pandemi atau Januari sampai 24 Maret tercatat 658.622 orang dengan perolehan PAD sebesar Rp6, 393 miliar. “Paling banyak kunjungan ke objek wisata Pantai Parangtritis, terutama pada waktu tahun baru 1 Januari 2020 dan beberapa hari sesudahnya” sebutnya.

Tren kunjungan di masa AKB atau new normal ini juga masih didominasi wisatawan lokal DIY dan sebagian Jawa Tengah. Hal ini terlihat dari pantauan plat nomor kendaraan rata_rata dari DIY dan sekitarnya. Pihaknya juga belum berani melakukan promosi besar-besaran di masa pandemi ini. “Promosi besar-besaran dilaksanakan terintegrasi dengan jajaran pariwisata se- DIY,” pungkasnya.


Dananjoyo

Tinggalkan Balasan