Berantas Rentenir, Pemkab Akan Beri Subsidi Kredit UMKM

KEBUMEN, SM Network – Bupati Kebumen Yazid Mahfudz menyampaikan komitmennya untuk memberantas rentenir dengan memberikan kredit cepat dan murah. “Pemkab ingin mengatasi masalah pedagang pasar yang terjerat rentenir yang memberatkan,” kata Yazid saat mengikuti ‘Virtual Assesment Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Award’ di Ruang Arumbinang, Kompleks Pendopo Rumah Dinas Bupati, kemarin.

Program yang akan direalisasikan 2021 itu dianggarkan untuk subsidi sebesar Rp 500 juta. Kemudian pada 2022 direncanakan menjadi Rp 1 Miliar. Lebih lanjut, terkait pemberian modal dengan bunga ringan kepada para pedagang itu proses penyaluran modalnya tidak akan berbelit belit.

Apalagi situasi pandemi yang banyak memberikan dampak cukup besar bagi perekonomian masyarakat. Sehingga, jika masih terjerat rentenir akan semakin memperihatinkan.

“Kita perihatin dengan situasi pandemi yang dihadapi para pedagang UMKM. Diharapkan ekonomi di kebumen tidak akan terpuruk, tapi terus berkembang,” harapnya.

Dalam kesempatan itu, Yazid juga menyampaikan mengenai keberhasilan Pemkab Kebumen yang masuk dalam empat besar Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Award Tahun 2020. Yazid yang didampingi itu Sekretaris Daerah Ahmad Ujang Sugiono serta Tim TPAKD itu mengemukakan tahapannya mulai 2019 yaitu dengan dilakukannya penggalian ide gagasan dan diskusi dalam capacity building anggota TPAKD.

Kemudian pada 2020 dilaksanakan beberapa kegiatan mulai dari diskusi lanjutan dengan melibatkan OPD dan LJK yang akan menyalurkan program subsidi bunga serta pengusulan programm subsidi bunga dalam dokumen rencana RPJMD tekhnokratis Kabupaten Kebumen Tahun 2021 – 2025.

Tinggalkan Balasan