Belum Tertata, Pasar Muntilan Masih Semrawut

MUNGKID, SM Network – Polemik yang terjadi di Pasar Muntilan terus terjadi, salah satunya penataan yang masih terlihat semrawut. Banyak pedagang yang masih berjualan di pinggir jalan dan di pintu masuk pasar. Kondisi tersebut dianggap mengganggu kenyamanan dan melanggar ketertiban pasar.

Hal serupa juga dialami oleh pengelola parkir, dimana sejumlah orang membuka parkir di lantai satu dan dua yang tidak pada tempatnya, sehingga menyebabkan parkiran basement sepi. Ikas Irawan, Koordinator Parkir Basement beranggapan bahwa Pemerintah Kabupaten Magelang seharusnya segera mengambil tindakan tegas agar aturan dan tatanan yang berlaku di dalam pasar tidak rusak.

“Penertiban parkir di Pasar Muntilan seharusnya bukan wewenang kita melainkan dinas, tapi dinas tidak segera mengambil tindakan yang tegas, serta sering terjadi keributan dengan pedagang,” ujar Ikas.

Ia berharap agar Pasar Muntilan dibuat agar nyaman. “Jadi fungsinya dapat digunakan sebagaimana mestinya serta dinas dapat memgambil tindakan tegas agar tidak terjadi konflik berkepanjangan,” jelasnya.

Ikas juga mengatakan bahwa di lantai satu dan dua pasar seharusnya digunakan untuk loading drop bongkar muat para pedagang. “Ini kan sudah ada rambu-rambunya dilarang parkir, namun tetap dilanggar,” terang Ikas.

Salah satu pedagang di sana, Latief, mengaku kecewa dengan pengelolaan pasar. “Pasar kan masih sepi karena belum ada penertiban pedagang, katanya penertiban pedagang akan dilakukan setelah peresmian pasar namun sampai sekarang kok masih seperti ini,” ungkap Latif.

Sementara itu, Budiman, Lurah Pasar Muntilan memberikan tanggapan bahwa “Saya tetap melapor pada pimpinan. Untuk pelanggaran ya itu masih ada tempat-tempat yang tidak seharusnya digunakan untuk parkir tetapi masih diparkiri itu. Sebelumnya sudah dilakukan penanganan seperti tempelan namun dilepas,” ujarnya.

Ia juga mengatakan bahwa sebelum kejadian ini pihaknya sudah melakukan himbauan, tetapi masih banyak yang nekat dan berjualan diluar area yang diperuntukan berdagang.


Dian Nurlita

1 Komentar

  1. 569683 466012I actually prize your piece of function, Great post. 916

Tinggalkan Balasan