Belum Ada Pengecekan Antigen di Perbatasan DIY

JOGJAKARTA, SM Network – Dari pantauan Suara Merdeka, saat ini belum ada tanda-tanda pengecekan kesehatan bebas covid di titik-titik perbatasan DIY – Jateng, terkait pergerakkan masyarakat dari dan ke Yogyakarta.

Menurut Kepala Bagian Humas Pemda DIY Ditya Nanaryo Aji, aturan wajib swab PCR dan rapid antigen untuk keluar-masuk Yogyakarta selama libur akhir tahun. mekanisme masih diupayakan.

“Sementara ini hanya meneruskan kebijakan pusat, maka di daerah perlu ada penyesuaian,” katanya.

Seperti diberitakan sebelumnya bahwa sesuai dengan kebijakan pusat, kebijakan swab PCR dan rapid antigen tersebut akan dilakukan per tanggal 18 Desember 2020 hingga 8 Januari 2021.

Ditya menambahkan, sejauh ini belum ada kebijakan pengecekan di titik-titik perbatasan DIY untuk memeriksa laju pergerakkan masyarakat dari dan ke Yogyakarta. Mekanisme tersebut akan dibahas dalam beberapa hari ke depan, sebelum masuk masa libur Natal.

“Yang sudah siap adalah otoritas moda transportasi umum, seperti bandara dan stasiun. Sedangkan untuk mobil pribadi belum ada kebijakan pengecekan di titik-titik perbatasan,” tambahnya.

Menurutnya, pemeriksaan syarat rapid antigen dan/atau swab PCR untuk para pendatang yang menggunakan kereta api saat ini masih dilakukan pihak-pihak tersebut.

Begitu juga untuk penumpang pesawat, mereka masih mengikuti kebijakan pemeriksaan yang ditetapkan pihak bandara dan maskapai penerbangan masing-masing.

Sementara itu terkait kebijakan random test, Pemda DIY nantinya juga akan mengadakan random test di tempat-tempat wisata dan hotel. Pelaksanaan random test tetap akan menyesuaikan kebijakan dari masing-masing hotel dan tempat wisata.

Tinggalkan Balasan