Foto ilustrasi, Belimbing wuluh (Averrhoa bilimbi L)

YOGYAKARTA, SM Network – Jerawat yang dalam bahasa ilmiahnya Acne vulgaris merupakan peradangan yang sering menjadi masalah bagi sebagian orang. Jerawat biasanya muncul pada tempat-tempat predileksi yakni muka, bahu, leher, dada, punggung bagian atas dan lengan bagian atas karena kelenjar sebasea pada daerah yang aktif.

Penyebab acne vulgaris antara lain penggunaan kosmetik yang tidak tepat atau faktor lain, khususnya di kalangan wanita. Penanganan yang tidak pas justru dapat memperparah kondisi kulit dan menyebabkan jerawat semakin meradang. Di sisi lain, banyak produk skin care yang mengkhususkan penggunaan hanya pada kulit tertentu dan tak semua orang cocok.

Menurut Saila Rizqi, mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta yang meneliti bahan untuk pengobatan jerawat, produk penyembuh jerawat yang ada di pasaran mengandung benzoyl peroxide dan antibiotik. Bagan itu dapat menimbulkan kulit kering, kemerahan, gatal, mengelupas, kulit terasa terbakar bahkan bisa mengakibatkan penyakit serius.

”Kami mencoba membuat produk penyembuh jerawat yang aman untuk semua jenis kulit dari bahan alami yakni belimbing wuluh (Averrhoa bilimbi L.),” ujar Saila mewakili teman-temannya, Sisca Kumaladewi, Ayu Kurnia Utami, Dwi Anggi Marini dan Aulia Erta Nafisah, kemarin.

Dibuat Ekstrak

Ia memaparkan belimbing wuluh mengandung senyawa flavonoid, tannin, saponin dan triterpenoid. Senyawa ini memiliki kemampuan membentuk kompleks dengan protein bakteri melalui ikatan hidrogen yang menyebabkan struktur dinding sel dan membran sitoplasma bakteri menjadi tidak stabil. Akibatnya sel bakteri menjadi kehilangan aktivitas biologi.

Akhirnya, fungsi permeabilitas sel bakteri terganggu dan sel bakteri mengalami lisis yang berakibat pada kematiannya. Inilah yang menjadikan ekstrak belimbing wuluh sebagai salah satu alternatif penyembuhan jerawat.

Sisca menambahkan tanaman belimbing wuluh yang tumbuh dengan baik dapat menghasilkan 100-300 buah per pohon. Buah yang masak harus segera dipanen karena mudah sekali gugur dan membusuk. Sayangnya, kemampuan belimbing wuluh menghasilkan buah dalam jumlah besar tidak sebanding dengan pemanfaatannya. Mayoritas orang belum menaruh perhatian pada belimbing wuluh sehingga terbuang sia-sia.

”Bahan untuk obat jerawat alami, belimbing wuluh, ethanol 70 persen, karbopol 940, propilenglikol, trietanolamin, metil paraben, rosewater dan akuades. Proses pembuatannya terbagi dua, pertama membuat ekstrak belimbing wuluh lalu pembuatan gel ekstrak ethanol belimbing wuluh dengan basis karbopol. Prosesnya ada beberapa tahap sampai akhirnya siap dipakai,” papar Sisca sembari mengatakan produk tersebut dinamai Geverlim. Mereka mendapatg bantuan dana Dikti dalam Program Kreativitas Mahasiswa bidang Kewirausahaan tahun 2020.