Belajar di Rumah bagi Siswa di DIY Diperpanjang

YOGYAKARTA, SM Network – Masa belajar di rumah bagi siswa di DIY, diperpanjang hingga 28 April 2020. Keputusan tentang pengaturan ulang aktivitas pendidikan dalam masa tanggap darurat Covid-19 ini dituangkan dalam Surat Edaran Gubernur DIY.Perpanjangan belajar di rumah ini berlaku mulai dari jenjang TK hingga SMA.

Khusus bagi siswa TK/RA, aktivitas pembelajaran di sekolah ditiadakan. Sedangkan murid SD, SMP, dan SMA serta SLB diterapkan pembelajaran jarak jauh atau online.”Pembelajaran program paket A, B, dan C tetap dapat dilaksanakan. Selama masih memungkinkan, dilakukan melalui online,” kata Wakil Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19 DIY, Biwara Yuswantana, kemarin.

Ini merupakan ketiga kalinya pemerintah mengambil kebijakan perpanjangan masa belajar di rumah akibat pandemi Covid-19. Sebelumnya, pelaksanaan belajar jarak jauh diterapkan sejak 23 Maret sampai dengan 31 Maret 2020. Kemudian, diperpanjang hingga14 April 2020.

Karena situasi dirasa masih kurang memungkinkan untuk melangsungkan kegiatan belajar mengajar di sekolah, maka pembelajaran di rumah diputuskan diperpanjang sampai dengan 28 April 2020.”Untuk kebijakan teknis menyangkut kelulusan siswa kelas akhir, kenaikan kelas, dan PPDB (penerimaan peserta didik baru), akan diatur lebih lanjut,” imbuh Biwara yang juga menjabat Kepala BPBD DIY ini.

Terpisah sebelumnya, Plt Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Sleman Arif Haryono mengatakan, prosedur belajar jarak jauh ini masih sama seperti sebelumnya. Guru dan peserta didik dapat memanfaatkan aplikasi daring seperti Jogja Belajar (JB Class), dan Rumah Belajar (Google Classroom) yang dikembangkan oleh Kemendikbud, serta aplikasi ruang guru ataupun aplikasi lainya.

“Kebijakan ini akan terus dievaluasi. Karenanya, tetap dibutuhkan peran aktif dari para tenaga pendidik, dan siswa serta peran penting orang tua untuk mengawasi anak-anak mereka belajar di rumah,” tukasnya.


Amelia Hapsari

4 Komentar

  1. 978473 704315hello I was quite impressed with the setup you used with this weblog. I use blogs my self so congrats. definatly adding to favorites. 788013

Tinggalkan Balasan