Begini Cara Pemotongan Hewan Kurban Saat Pandemi

JOGJAKARTA, SM Network – Guna memastikan penerapan protokol kesehatan COVID-19, Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan (DP3) Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta tetap memantau kelayakan tempat pemotongan hewan kurban yang dilakukan masyarakat pada Hari Raya Idul Adha 2020, meskipun saat ini di Sleman tidak ada kecamatan yang zona merah. Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala DP3 Kabupaten Sleman Heru Saptono, kemarin.

“Kami tetap melakukan pemantauan kelayakan tempat pemotongan hewan kurban, meski saat ini Sleman kecamatan atau desa tidak ada zona merah COVID-19” katanya.

SM/Dananjoyo – HEWAN QURBAN : Warga memilih hewan kurban di pusat penjualan hewan kurban di Giwangan, Kotagede, Yogyakarta.

Sebelumya Pemkab Sleman mengambil kebijakan bahwa wilayah kecamatan dengan zona merah COVID-19 wajib melakukan pemotongan hewan kurban di Rumah Pemotongan Hewan (RPH).

“Dengan perkembangan beberapa waktu terakhir di Sleman sudah tidak ada zona merah” terangnya.

Ia menambahkan, pihaknya juga meminta supaya protokol kesehatan dilakukan semua pihak, dengan melakukan cek suhu tubuh, dan apabila ada yang demam tidak boleh memasuki lokasi pemotongan hewan kurban. Selain itu jumlah panitia juga harus dibatasi dan tidak sampai menimbulkan kerumunan.

“Di lokasi tidak boleh merokok, meludah dan jika bersin harus dengan etika yang benar,” tambahnya.

Selain panitia, masyarakat juga dihimbau untuk tidak datang melihat pemotongan hewan, tidak ada kegiatan masak-memasak di lokasi penyembelihan guna menghindari kerumunan.


Dananjoyo

Tinggalkan Balasan