Exif_JPEG_420

YOGYAKARTA, SM Network – Sukses dengan Innovating Jogja, program inkubasi terhadap para pelaku startup di Jogja dan sekitarnya, Balai Besar Kerajinan dan Batik (BBKB) Yogyakarta bakal menasionalkan program tersebut.

“Lingkupnya memang selama ini baru sebatas Jogja, tapi ingginya kami bisa menasional (Innovating Jogja). Rintisannya sudah ada. Kenapa kami ingin menasional, ya karena program ini sangat efektif merangkul para starup. Kami harapkan mereka bisa berkembang dan kalau menasional tentu kami bisa lebih banyak lagi merangkul para pelaku startup di seluruh Indonesia,” papar Kepala BBKB Yogyakarta Titik Purwati Widowati saat menerima kehadiran perwakilan Suara Merdeka di ruang kerjanya, Selasa (21/1).

Titik optimistis rintisan menasionalkan Innovating Jogja bisa segera teralisasi. Sebab, langsung berada di bawah Kementerian Perindustrian diyakininya memudahkan pihaknya merangkul lebih banyak lagi pelaku startup secara nasional. “Kami memang berada di Jogja tapi lingkup kerja kami itu nasional dan seluruh Indonesia,” imbuh wanita berhijab ini.

Innovating Jogja sendiri merupakan kegiatan Inkubasi Teknologi Indutri Kerajinan dan Batik yang sudah berjalan ketiga kalinya sejak 2016, lalu berlanjut 2018 dan terakhir pada 2019 lalu. Melalui tahapan pra inkubasi pada tahun 2019 terpilih tenant yang mengikuti tahapan inkubasi seperti Adam Amrullah (Naray), Bayu Ratna Dhini, Elsana Bekti Nugroho, Galuh Irawati Kusumaningrum, Gilang Cahyono Aji, Hasan Agus Wiratomo, Iswanto,  Matius Indarto, Miftahudin Nur Ihsan dan Usnul Khotimah.

“Intinya kalau dari kami itu lebih pada pendampingan mulai dari bagaimana caranya membuat desain, model, bisnis plan menjadi master plan. Kasarannya pendampingan full service dari awal sampai akhir. Ini cukup penting karena selama ini beberapa startup itu jika melibatkan pihak ketiga biasanya tidak sampai tuntas. Makanya kami ambil peran di sana,” sambung Kepala Seksi Alih Teknologi dan Inkubasi  BBKB Yogyakarta Harnandito Paramadharma.

Selain Titik dan Harnandito, dalam audiensi itu pihak BBKB juga diwakili Kepala Bidang Pengembangan Jasa Teknik Heri Pramono dan Kepala Seksi Informasi Juwarso. Sementara dari Suara Merdeka diwakili Manager Bisnis Komari.


Gading Persada