Baznas Kebumen Tashorufkan Dana ZIS Rp 2,3 Miliar

KEBUMEN, SM Network – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kebumen kembali mentashorufkan dana Zakat, Infak dan Shodaqoh (ZIS) kepada para mustakhik.

Pentashorufan tahap III Tahun 2020, dana ZIS disalurkan kepada penerima di enam kecamatan. Yakni Kecamatan Kebumen, Pejagoan, Buluspesantren, Alian, Karangsambung dan Sadang.

Mengingat masih masa pandemi Covid-19, pada pentashorufan kali ini dilakukan secara simbolis kepada perwakilan penerima. Acara yang digelar di Sekretariat Baznas di Jalan Aroengbinang itu dihadiri oleh Plt Asisten I Sekda Kebumen Amin Rahmanurrasjid yang mewakili Bupati KH Yazid Mahfudz.

Hadir Kabag Kesra Setda Kebumen Wahib Tamam, perwakilan PT BPR BKK Kebumen (Perseroda), pimpinan Baznas Kebumen dan jajaran Muspika Kebumen serta perwakilan penerima.

Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Baznas Kebumen drh Djatmiko menjelaskan, pada pentashorufan tahap III tahun 2020, Baznas Kebumen menyalurkan lebih dari Rp 2,3 miliar atau tepatnya Rp 2.305.934.237.

Dana tersebut disalurkan kepada para asnaf melalui tiga program yakni Kebumen Sehat, Kebumen Cerdas dan Kebumen Peduli. Program Kebumen Peduli menyalurkan berupa bantuan tunai kepada 493 penerima, masing-masing Rp 300.000.
Kemudian untuk bedah rumah 13 penerima dengan total Rp 149,4 juta. Bantuan diberikan kepada muallaf, ibnu sabil, sabilillah, warga terdampak Covid-19, dan santunan anak yatim/piatu.

Beasiswa Baznas

Program Kebumen Sehat diperuntukkan bantuan penunjang kesehatan, biaya kesehatan, pelayanan Ambulance gratis. Sedangkan Program Kebumen Cerdas untuk beasiswa Baznas jalur miskin, kader dakwah dan tahfidz. Beasiswa diberikan kepada 243 penerima dengan total Rp 1,556 miliar.

Masih di bidang pendidikan, bantuan dalam bentuk penunjang pendidikan, dan biaya penunjang pendidikan anak SD/MI kurang mampu korwil pendidikan di enam kecamatan. Bantuan diberikan kepada 894 penerima masing-masing menerima Rp 150.000.

Djatmiko menambahkan, Baznas Kebumen melaksanakan pentashorufan empat kali dalam satu tahun. Pentashorufan dilaksanakan di empat zona wilayah barat sampai dengan timur. Pentashorufan tersebut sebagai bentuk pertanggung jawaban pengurus atau amil kepada publik.

“Kegiatan pentashorufan merupakan bentuk tanggung jawab kami selaku pengurus amil kepada masyarakat,” ujar Djatmiko berharap apa yang diberikan masyarakat melalui Baznas bermanfaat dan tepat sasaran.

Plt Asisten I Sekda Kebumen Amin Rahmanurrasjid yang membacakan sambutan Bupati Yazid Mahfudz mengapresiasi Baznas yang telah menyalurkan dana ZIS kepada para yang berhak. Keberadaan Baznas Kebumen sangat membantu upaya Pemkab Kebumen dalam menanggulangi kemiskinan.

“Saya mengajak untuk memviralkan semangat berbagi dan peduli kepada orang lain,” ujar Amin seraya meminta kepada penerima ZIS untuk memanfaatkan dengan sebaik-baiknya.

Tinggalkan Balasan