BAZNAS Kebumen Beri Pelatihan Ekonomi Produktif

KEBUMEN, SM Network – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kebumen memberi pelatihan ekonomi produktif. Pelatihan yang dilaksanakan di UPTD Balai Latihan Kerja (BLK) Disnaker KUKMP Kebumen hingga 7 Desember itu meliputi menjahit, tata boga mebeler/ furniture atau pertukangan.

‘Pelatihan ini menggunakan dana zakat tahun 2020 sebesar Rp 350 juta,” kata Plt Kepala Baznas Kebumen Djatmiko saat memberikan pembekalan. Diharapkan pelatihan tersebut menjadi bekal keterampilan bagi para peserta yang merupakan perwakilan dari Unit Pengumpul Zakat Desa.

Menurut Djatmiko, mereka berasal dari keluarga kurang mampu atau putus sekolah dan masih dalam usia produktif (maksimal usia 45 tahun). Para peserta yang terjaring pun antusias dengan mengikuti pembekalan yang disampaikan langsung oleh Djatmiko.

“Kami berharap pelatihan ini mendatangkan manfaat bagi peserta, karena tujuan kami memang peningkatan ekonomi produktif bagi mereka yang dalam usia produktif,” jelas Djatmiko.

Ia menambahkan, usia produktif merupakan masa dimana seseorang bisa bekerja dengan menggunakan semua kemampuan terbaik yang dimilikinya. Apalagi situasi pandemi seperti sekarang. Di aman jika memiliki keterampilan akan mudah beradaptasi untuk mencari atau membuka lapangan usaha.

Lebih lanjut, dari untuk pelatihan menjahir diikuti 23 orang peserta, pelatihan tata boga 36 orang peserta dan pelatihan mebeler diikuti 36 peserta. Waktu pelatihannya dibedakan sesuai kelas.

Adapun pelatihan menjahit akan dilaksanakan 30 hari kerja, yakni mulai 30 November 2020. Kelas tata boga akan dilaksanakan 15 hari mulai 7 Desember 2020. Sedangkan pelatihan pertukangan akan dilaksanakan selama 30 hari mulai 7 Desember 2020.

Tinggalkan Balasan