SM/Heru Prayogo - TERIMA BANTUAN: Dirut RSUD Tjitrowardojo, drg Gustanul (kiri) menerima bantuan dari TP PKK Purworejo, di halaman rumah sakit, Rabu (15/4)

PURWOREJO, SM Network – Bantuan untuk RSUD Tjitrowardojo, sebagai salah satu rumah sakit rujukan yang menangani pasien Covid-19, mulai berdatangan. Bantuan tersebut akan dipergunakan untuk tenaga dan pelayanan kesehatan, ditengah pandemi yang hingga saat ini masih berlangsung.

Direktur Utama RSUD Tjitrowardojo, drg Gustanul Arifin, mengungkapkan, bantuan tersebut datang dari sukarelawan yang langsung mendatangi atau memberikan bantuan kepada rumah sakit. Artinya, tidak ada permintaan yang dilakukan oleh pihak rumah sakit.

“Para donatur berdatangan atas inisiatif sendiri, baik dari masyarakat, organisasi, ataupun perusahaan swasta,” katanya, usai menerima bantuan APD (Alat Pelindung Diri) dari Pengurus TP PKK Purworejo, Rabu (15/4), di halaman RSUD Tjitrowardojo.

Dalam kesempatan tersebut, Gustanul mengakui, manajemen rumah sakit masih kesulitan untuk mengakses alat kesehatan, terutama APD, Rapid Test, dan Polymerase Chain Reaction (PCR)/semacam alat untuk melakukan tes Covid-19; sehingga bantuan-bantuan tersebut sangat berarti.

Namun demikian, menurut Gustanul, manajemen rumah sakit tetap siap dalam menghadapi pandemi Covid-19. Untuk mencukupi kebutuhan APD, pihak rumah sakit dapat membuatnya sendiri. Sementara alat-alat kesehatan lainya, juga mulai dipenuhi, seiring ketersediaan barang dipasaran.

Terkait dengan bantuan yang diterima manajemen rumah sakit, Gustanul menjamin, penggunaan bantuan tersebut dapat dipertanggungjawabkan kepada publik. Ia memastikan semua bantuan tercatat secara administrasi, baik pada saat penerimaan, maupun dalam penggunaanya.

“Secara umum, RSUD Tjitrowardojo siap untuk menghadapi pandemi ini (Covid-19). Saat ini yang terpenting adalah kesadaran dan kedisiplinan masyarakat dalam melaksanakan social dan physical distancing dan protokol kesehatan, karena akan bermanfaat untuk meminimalisir penularan,” katanya.


Heru Prayogo

1 KOMENTAR