Bantuan Dampak Covid-19 Mulai Diterima Masyarakat Purworejo

PURWOREJO, SM Nerwork – Masyarakat yang terdampak perekonomianya lantaran Covid-19 sedikit bisa bernafas lega. Pasalnya pemerintah telah mulai menyalurkan bantuan tunai, per hari ini (11/05/2020). Penyaluran bantuan tersebut dilakukan oleh Bank Himbara dan Kantor Pos setempat.

Bupati Purworejo, Agus Bastian, saat menghadiri launching penyaluran bantuan tunai di Kantor Cabang Pos Indonesia Purworejo, pagi hari ini mengatakan, sebanyak 21.068 kepala keluarga akan menerima BLT (Bantuan Langsung Tunai) Covid-19, yang bersumber dari Kementrian Sosial RI.

“Setiap KK akan menerima bantuan tunai Rp 600 ribu perbulan, selama tiga bulan. Penyaluran bantuan melalui Kantor Pos seperti pagi hari ini, dan juga diaalurkan melalui BANK Himbara,” ujarnya.

Bastian mengungkapkan, penerima bantuan BLT Covid-19 merupakan warga kurang mampu yang belum tersentuh bantuan pemerintah, seperti PKH dan BPNT. Menurutnya, jumlah keluarga yang akan tersentuh bantuan selama masa pandemi ini berlangsung, mencapai 122.921 KK.

Jumlah tersebut dikelompokan dalam beberapa kluster bantuan. Diantara, program sembako reguler sebanyak 51.368 KK, program PKH non sembako untuk 6.058 KK, PKH Non-DTKS bagi 64 KK, BLT Covid-19 untuk 21.068 KK, program sembako Covid-19 kepada 20.730 KK, dan program JPS Provinsi untuk 23.633 KK.

Bastian menambahkan, pemerintah daerah juga akan mengalokasikan anggaran untuk membantu masyarakat kurang mampu dan terdampak Covid-19, yang belum terkover dalam beberapa kluster bantuan tersebut. Hal ini dilakukan untuk memastikan seluruh warga di Purworejo dapat memenuhi kebutuhan dasarnya selama masa siaga Covid-19.

“Seluruh masyarakat kurang mampu akan mendapatkan bantuan. Yang tidak dapat dari pemerintah pusat atau provinsi, akan dikover oleh pemerintah daerah,” pungkas Bastian.


Heru Prayogo

Tinggalkan Balasan