SM/dok - DONOR DARAH: Sejumlah tentara anggota Kodim 0734/Yogyakarta tengah diambil darahnya dalam kegiatan donor darah di Kantor PMI Pelayanan Terpadu Cabang Yogyakarta.

YOGYAKARTA, SM Network – Ditengah merebaknya pandemi Covid-19 berimbas pada minimnya stok kantong darah di Palang Merah Indonesia (PMI) tak terkecuali di Kota Jogja. Maka dari itu untuk membantu ketersediaan kantong darah di Kota Pelajar, Komando Distrik (Kodim) 0734/Yogyakarta pun menggelar aksi donor, Kamis (9/4).

“Kami gandeng PMI Kota Jogja dengan menggelar donor darah. Hal ini secara tak langsung membantu PMI Kota Jogja untuk mengatasi minimnya persediaan darah selama penanganan Covid-19,” tutur Kepala Seksi Teritorial (Pasiter) Kodim 0734/Yogyakarta, Kapten Inf Dedyk Hartono disela-sela kegiatan donor darah.

Dedyk menyebut, tak biasanya kegiatan donor darah digelar di Makodim Jogja, maka kali ini langsung dipusatkan di Kantor PMI Pelayanan Terpadu Cabang Yogyakarta. Para peserta yang sebagian tentara personel Kodim Jogja pun dikerahkan ke lokasi donor darah. Kegiatan aksi sosial ni diikuti 40 prajurit TNI. 

Melalui donor darah ini, kata Pasiter, pihaknya ingin mendukung PMI dalam menangani kesehatan di tengah pandemi virus korona. Dia juga mengajak masyarakat untuk turut berpartisipasi membantu PMI dengan mendonorkan darah dan tak takut meski dilakukan dalam situasi pandemi.

“Karena donor darah tidak berpengaruh dengan penularan Covid-19,” tegas Pasiter. Dari pengamatan, protokol kesehatan saat donor darah memang dilakukan ketat oleh petugas PMI setempat. Seperti selama kegiatan donor darah physical distancing juga diterapkan.

Pendonor yang masih menunggu giliran harus duduk dengan jarak kurang lebih satu meter di ruang tunggu yang sudah disediakan. Lalu saat mendonor, satu orang pendonor petugas yang melayani langsung mengganti sarung tangan yang baru untuk melayani pendonor lainnya. Tak hanya itu, setelah proses donor darah baik peralatan dan fieldbag langsung disemprot disinfektan.


Gading Persada