SMN/dok - SIMULASI: Sejumlah personel Polda DIY berpakaian APD lengkap melakukan pelatihan simulasi pemulasaran jenazah Covid-19 di halaman Mapolda DIY, kemarin.

SLEMAN, SM Network – Mengikuti perkembangan saat ini pada penanganan terhadap korban Covid-19,  Polri akan berperan membantu pemakaman korban meninggal dunia karena terpapar korona. Polda DIY pun sudah menyiapkan personel khusus dan terlatih untuk melakukan pemakaman tersebut.

“Kita semua sangat berharap korban dari wabah penyakit ini tidak bertambah, namun melihat tenaga kesehatan yang besar beban kerjanya  mulai dari merawat hingga mengurus pemakaman, maka  Polri akan turut membantu proses pemakaman,” jelas Kepala Bidang (Kabid) Hubungan Masyarakat (Humas) Polda DIY Kombes Pol Yuliyanto usai pelatihan simulasi pemulasaran jenazah Covid-19 di halaman Mapolda DIY.

Simulasi sendiri dilakukan personel Polda DIY yang terlibat dalam Operasi Aman Nusa II hingga jajaran pejabat teras di lingkungan Polda DIY. Simulasi dimulai dari penanganan korban diduga terkena Covid-19 yang ditemukan bukan di rumah sakit.

Karena ditemukan tidak di rumah sakit, maka diperlukan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) dengan menggunakan standar kesehatan. Personel yang melaksanakan olah TKP juga menggunakan APD lengkap. Tahap selanjutnya adalah proses pemakaman.

“Anggota Polri yang akan melaksanakan pemakaman juga dilengkapi dengan APD lengkap, cara mengangkat peti, menurunkan peti sampai dengan mengubur kembali liang lahat. Simulasi kegiatan ini mengikuti prosedur dari Kemenkes serta Organisasi Kesehatan Dunia (WHO),” tuturnya.

Lebih lanjut, Kabid Humas mengungkapkan, personil Polri harus selalu siap dalam kondisi apa pun. Termasuk diperbantukan dalam penanganan Covid-19 salah satunya membantu pemakaman jenazah yang terpapar virus tersebut.

“Polri harus siap, bila diperlukan untuk membantu saat menangani korban akibat wabah pendemik Covid-19, dan jika memerlukan bantuan pemakaman korban Covid-19 maka bisa menghubungi nomor WA 08981879886 atau menghubungi polres terdekat,” tandas Yuliyanto mewakili Kapolda DIY Irjen Pol Asep Suhendar.


Gading Persada

1 KOMENTAR