SM/Triyo Handoko - REPLIKA PESAWAT: Balitbang Magelang Kota beri hibah Kampung Wara-warni replika peswat sebagai objek swa-foto baru.

MAGELANG, SM Network – Kampung Warna-warni di Magelang Selatan mendapat kunjungan dari Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Magelang Kota dan Komisi C DPRD Magelang Kota, pada Jumat (12/3). Dalam kunjungan tersebut Balitbang Magelang Kota memberikan barang hibah.

Barang hibah tersebut berupa replika pesawat terbang, alat penjernih air, panel surya, dan beberapa tanaman hias. Kepala Balitbang Magelang Kota Arif Barata Sakti menyebutkan bahwa hibah tersebut sebagai bentuk dukungan untuk pengembangan pariwisata Kampung Warna-warni.

Selama ini, sebut Arif, Balitbang Magelang Kota sering melakukan pendampingan kepada Kampung Warna-warni agar terus berinovasi dalam dunia pariwisata. “Kami rutin adakan pelatihan dan pembinaan terutama dalam bidang inovasi,” jelasnya.

Sementara itu, Niekecorry Elza salah satu Anggota Komisi C DPRD Magelang Kota menerangkan dukunganya pada Kampung Warna-warni. “Kami siap bantu untuk kembangkan pariwisata Kampung Warna-warni baik dalam bentuk fisik dan non-fisik,” jelas Elza.

Elza menyebut Kampung Warna-warni punya prospek yang bagus sebagai kunjungan wisatawan di Magelang Kota. Hal tersebut ditunjukan dengan fasilitas yang lengkap dan kekompakan Kelompok Sadar Pariwisata (Pokdarwis) sebagai pengelolanya.

Kunjungan tersebut diapresiasi oleh Ketua Pokdarwis Kampung Warna-warni Sagiyo. “Kunjungan ini meningkatkan semangat kami untuk lebih baik mengelola Kampung Warna-warni,” ujarnya.

Sagiyo menyebutkan selama setahun terakhir kunjungan wisatawan ke Kmapung Warna-warni sedikit sekali. Lantaran pandemi covid-19 yang membatasi kunjungan wisatawan. “Bahkan kami sempat tutup lama,” katanya.

Sehingga melalui dukungan dan bantuan dari Balitbang dan DPRD Magelang Kota, menurut Sagiyo, memberi harapan baru pada Kampung Wara-warni. “Apalagi pandemi akan segera berakhir, jadi peluang lebih banyak wisaatawan berkunjung akan terbuka lebar,” pungkas Sagiyo.