Bakal Jadi Markas Tiga Klub, Kondisi Stadion di Bantul Siap Digunakan

BANTUL, SM Network – Tiga klub, Bali United, Persija Jakarta dan PSM Makassar, menyatakan ketertarikan mereka untuk bisa bermarkas di Stadion Sultan Agung (SSA) Bantul seiring bakal bergulirnya kembali kompetisi lanjutan Liga 1 musim 2020 pada 1 Oktober mendatang. Kompetisi sepak bola level teratas di Tanah Air itu saat ini masih berhenti seiring terjadinya pandemi Covid-19.

“Tiga klub tersebut sudah mengirimkan surat permohonan untuk memakain Stadion Sultan Agung sebagai markas mereka. Kalau dilihat stadion kami siap digunakan,” tutur Bagus Nur Edy Wijaya, pengelola SSA, kemarin.

Menurut Bagus, lanjutan kompetisi Liga 1 nanti diperkirakan berlangsung padat lantaran dengan dijadwalkan berputar selama empat bulan, maka satu tim berpotensi menggelar pertandingan tiga hari sekali. Tak hanya masalah kebugaran pemain, kondisi lapangan diprediksi ikut berpengaruh.

“Kondisi lapangan memang ikut berpengaruh. Tapi lapangan di SSA aman misalkan untuk tiga laga dalam seminggu, rumput stadion masih cukup ideal. Kami yakin PT LIB (Liga Indonesia Baru) selaku operator bakal bijak dalam masalah pengaturan jadwal nanti,” paparnya.

Terkait ketiga klub tersebut, pria yang juga seorang Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkab Bantul itu mengakui ketiganya sudah mengajukan surat. Sebelumnya, mereka lebih dulu menjalin komunikasi. Terkait permohonan dari ketiga tim ini, Bagus menjelaskan bahwa pihaknya tentunya sangat terbuka untuk menyambutnya di Stadion Sultan Agung yang juga markas dari klub Liga 3 asal DIY, Persiba Bantul. Namun, Bagus tetap meminta para tim untuk menggelar pertemuan dengan pemkab setempat.

“Nanti mereka akan kami minta beraudiensi dahulu dengan Bupati Bantul sebagai kepala daerah. Namun untuk waktunya memang belum dipastikan,” tegas mantan asisten manajer Persiba Bantul tersebut.

Bagus pun mengaku tak kaget tiga tim itu memilih SSA. Sebab, mereka cukup akrab dengan stadion itu saat berlaga di Liga 1 musim-musim sebelumnya. Tak hanya ketiganya, tim-tim lain juga sempat menggunakan stadion berkapasitas lebih dari 20 ribu penonton itu sebagai kandang. Mulai PSIS Semarang hingga Kalteng Putra.

“Seperti Persija juga pernah menggunakan Stadion Sultan Agung sebagai home base. Apalagi Bantul juga sering menggelar pertandingan Liga 1,” tandasnya.

Selain Stadion Sultan Agung, dua lokasi lain kabarnya juga jadi pilihan tim luar Jawa. Persiraja Banda Aceh dan Borneo FC dikabarkan memilih Stadion Maguwoharjo yang juga kandang dari PS Sleman.


Gading Persada

Tinggalkan Balasan