Awas Kena Denda Rp 50 Ribu Jika Tidak Kenakan Masker

PURWOREJO, SM Network – Usaha untuk menekan rantai penyebaran virus korona terus dilakukan. Tak sekedar himbauan, Pemerintah Kabupaten Purworejo bahkan telah merbitkan Perbup (Peraturan Bupati) Nomor 27 Tahun 2020, yang juga mengatur sanksi bagi masyarakat yang tidak mematuhi protokol kesehatan yang telah ditentukan.

“Salah satu poin dalam perbup tersebut adalah bahwa setiap orang wajib selalu mengenakan masker selama berada di luar rumah. Pelanggaran terhadap ketentuan tersebut dikenakan denda administratif sebesar Rp 50 ribu,” kata juru bicara Pemerintah Kabupaten Purworejo dalam penanganan Covid-19, dr Darus, baru-baru ini.

Kebijakan pemerintah daerah untuk membuat Perbup tersebut, mempertimbangkan, penyebaran pandemi Coronavirus Disease 2019 di wilayah Kabupaten Purworejo yang telah mengakibatkan jatuhnya korban sakit, kerugian harta benda dan dampak psikologis, sehingga diperlukan langkah penanganan secara cepat, tepat, fokus, dan terkoordinasi.

Terkait dengan kewajiban membayar denda apabila tidak menggunakan masker, kata dr Darus, pemerintah mempertimbangkan pentingnya aspek kedisiplinan masyarakat yang menurutnya sangat diperlukan untuk menekan penyebaran virus yang hingga saat ini belum ditemukan obat atau vaksinya.

“Aturan itu tidak memberatkan masyarakat seiring banyaknya ketersediaan masker. Makin patuh masyarakat, pandemi makin cepat selesai. Apalagi sekarang masker sudah sangat mudah didapat, semua masyarakat pasti memiliki,” ungkapnya.

Dijelaskan, didalam Perbup juga mengatur pembatasan kerumunan maksimal ima orang dengan jarak minimal 2 (dua) meter. Masyarakat juga wajib selalu mengenakan masker selama berkumpul, membersihkan tangan dengan sabun dan air mengalir atau cairan pembersih tangan sebelum dan setelah berkumpul dan tidak boleh bersentuhan fisik secara langsung.


Heru Prayogo

Tinggalkan Balasan