SM/Arif Widodo - PRAKTIK MENJAHIT : Peserta pelatihan dari warga Kelurahan Jatiluhur, Kecamatan Karanganyar, Kebumen praktik menjahit.

KEBUMEN, SM Network – Krisis akibat pandemi Covid-19 disikapi Pemerintah Kelurahan Jatiluhur, Kecamatan Karanganyar, Kebumen dengan mencari solusi dalam membantu meningkatkan perekonomian masyarakatnya.

Solusi tersebut yakni memberikan pelatihan menjahit, khususnya bagi warga kurang mampu. Kegiatan yang berlangsung selama 24 hari sejak 5 – 28 November itu diikuti oleh 23 peserta, baik dari kalangan pemuda maupun orang tua.

Lurah Jatilihur, Amsiyati menjelaskan, pelatihan ini bersumber dari Dana Anggaran Umum (DAU) Tambahan Tahun 2020. Adapun tujuanya yakni untuk memberikan keterampilan kepada masyarakat, agar nantinya bisa diterapkan menjadi sebuah usaha yang mendatangkan hasil pendapatan ekonomi keluarga.

“Dengan begitu diharapkan ekonomi masyarakat bisa segera pulih khususnya pasca pandemi Covid-19 yang kini masih berlangsung,” ucapnya.

Dengan bekal pelatihan itu pun bisa digunakan sebagai modal untuk berwirausaha, sehingga pendapatan ekonomi masyarakat bisa meningkat. Lebih jauh Amsiyati menambahkan, bahwa dalam pelatihan ini para peserta diajarkan dari nol, mulai dari mengukur bahan, memotong hingga menjahit sampai menjadi bentuk pakaian jadi.

Sementara itu, salah satu peserta, Rosna Padmala (20) mengaku senang dengan adanya pelatihan tersebut. Terlebih dirinya memang sejak lama ingin menjadi penjahit. “ Iya sejak lama saya pingin jadi penjahit, tapi bingung mau belajar di mana, jadi pelatihan ini sangat membantu sekali,” ungkapnya.