Asyik, Pelajar di Kota Magelang Bakal Dibantu Kuota Internet

MAGELANG, SM Network – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Magelang bakal membagikan subsidi kuota internet kepada siswa SD, MI, SMP, dan MTs. Pemkot Magelang mengusulkan sebanyak 24.804 siswa mendapatkan bantuan sebesar Rp 30 ribu per bulan selama dua bulan.

Kepala Disdikbud Kota Magelang, Agus Sujito mengatakan, subsidi kuota internet ini berasal dari pengusulan APBD Kota Magelang tahun 2020. Kebijakan tersebut ditempuh untuk mengurangi beban siswa dan guru jenjang SD-SMP sederajat yang menggelar kegiatan belajar mengajar (KBM) daring.

“Sekarang masih tahap pengusulan, sehingga realisasinya kapan kita belum bisa memprediksi. Tapi yang jelas diusahakan secepatnya,” ujarnya, Selasa (18/8).

Dia menilai, bantuan kuota siswa ini murni berasal dari APBD. Tidak ada peran dari dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS).

“BOS itu APBN, sedangkan yang kita usulkan dari dana penanganan Covid-19 Kota Magelang atau APBD Kota Magelang 2020,” katanya.

Dia menjelaskan, mekanisme pencairan bantuan tersebut, semua siswa akan didata berikut nomor telepon genggam masing-masing. Nantinya terhadap nomor-nomor tersebut akan ditransfer pulsa atau paket data senilai Rp 30 ribu.

“Totalnya Rp 60 ribu dibagikan selama dua bulan. Jadi, tiap bulan siswa bisa mendapatkan Rp 30 ribu. Jika dikalkulasikan, jumlah dana yang diusulkan mencapai Rp 1,48 miliar,” jelasnya.

Sementara itu, Wali Kota Magelang, Sigit Widyonindito mengaku sudah merespons usulan dari Disdikbud perihal pemberian bantuan kuota kepada semua siswa di wilayahnya.

“Anggaran sudah masuk dan sudah kita rumuskan. Tinggal melakukan kajian dan merealisasikannya,” akunya.

Kebijakan pemberian subsidi kuota internet ini, katanya, diupayakan mengingat metode pembelajaran jarak jauh yang saat ini berlangsung. Hal ini karena selama pandemi Covid-19 mendorong semua pihak untuk menggunakan kuota internet lebih banyak dari pada biasanya.

“Tapi, kita harus teliti betul, karena terkadang malah telepon genggam dijadikan mainan anak-anak. Harapannya bantuan ini benar-benar menjadi kebutuhan anak-anak didik kita supaya tidak tertinggal materi pelajaran,” tandasnya.


Asef Amani

7 Komentar

  1. Like!! I blog quite often and I genuinely thank you for your information. The article has truly peaked my interest.

  2. I always spent my half an hour to read this web site’s articles or reviews daily along with a mug of coffee.

  3. I used to be able to find good info from your blog posts.

  4. 71950 964243Some really good stuff on this web web site , I enjoy it. 426357

  5. 133719 154565An incredibly fascinating examine, I might not agree completely, but you do make some very legitimate factors. 472309

Tinggalkan Balasan