ASN Mulai Bekerja Normal

MUNGKID, SM Network – Setelah sekitar dua bulan bekerja di rumah, sebagian besar Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Kabupaten Magelang kembali masuk kerja penuh mulai kemarin, Jumat (5/6), dengan pelaksanaan masuk kerja sesuai dengan protokol kesehatan masa tatanan new normal.

Hal tersebut dilakukan sesuai Surat Edaran Sekretaris Daerah Nomor 800/872/22/2020 tanggal 2 Juni 2020 tentang Penyesuaian Sistem Kerja Pegawai ASN dan Non ASN dalam tatanan normal baru produktif dan aman Covid-19 di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Magelang, yang telah diedarkan sebelumnya pada Kamis tanggal (4/6).

“Sesuai dengan surat edaran dari Sekda, ada beberapa ASN yang tetap diizinkan WFH, sesuai dengan apa yang telah ditetapkan oleh Kepala OPD/SKPD,” terang Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD), Eko Tavio Haryanto saat dihubungi Jumat (5/6).
Pemberlakuan new normal di lingkungan Pemkab Magelang ini bertujuan untuk memastikan pelaksanaan tugas dan fungsi kedinasan berjalan efektif dalam mencapai kinerja Pemkab Magelang.

“Selain itu untuk memastikan pelayanan publik berjalan efektif, serta sebagai upaya mencegah, mengendalikan, dan mengurangi resiko Covid-19 dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat,” terang Eko.

Namun Eko juga menerangkan, ada ASN yang diperbolehkan untuk tetap melakukan WFH. Diantaranya memiliki penyakit yang rentan terpapar covid19 berdasarkan surat keterangan atau persetujuan dari dokter/rumah sakit/ puskesmas. Dalam kondisi hamil atau usia kehamilan di bawah enam bulan, memiliki kontak dengan penderita positif Covid19 atau PDP, serta memiliki keluarga yang berstatus positif Covid19/ODP/PDP.

“ASN yang masuk kantor pun akan kami wajibkan mengikuti protokol kesehatan secara ketat. Seperti mencuci tangan menggunakan sabun, hansanitizer, di cek suhu tubuh, dan jarak kerja akan diatur dengan jarak satu meter,” imbuh Eko.
Eko berharap agar para ASN dapat menyesuaikan diri dengan suasana kerja dan tatanan baru di OPDnya masing-masing seiring diterapkannya new normal.


SM/Dian Nurlita

Tinggalkan Balasan