ASN Kembali Bekerja Sesuai Konsep New Normal

MAGELANG, SM Network – Pemkot Magelang sudah mulai mengaktifkan kembali aparatur sipil negara (ASN) sesuai dengan peraturan jam kerja sebelum pandemi Covid-19. Organisasi perangkat daerah (OPD) dan badan usaha milik daerah (BUMD) pun diminta mampu mengendalikan jajarannya terkait hal ini.

Sekda Kota Magelang, Joko Budiyono mengatakan, OPD penting memerhatikan para pegawai dan memastikan dalam kondisi sehat. Sebab, kesehatan adalah prioritas nomor satu saat ini di saat virus corona masih menyebar. “Bahkan, dalam surat edaran (SE) Menpan, ASN berusia di atas 50 tahun yang mempunyai riwayat gangguan kesehatan supaya diberi kelonggaran bekerja tidak seperti yang lainnya,” ujarnya, Selasa (9/6).

Dia menuturkan, kepala OPD harus bisa memantau betul kesehatan jajarannya. Jika ada indikasi Covid-19, maka harus segera ditangani, laporkan ke Dinas Kesehatan atau Puskesmas. “OPD yang memiliki tugas pelayanan langsung dengan masyarakat harus menerapkan pengaturan. Antara lain di DPMPTSP, Disdukcapil, Kelurahan, Kecamatan, dan Kesra. New normal intinya tertib, displin, taat pada protokol kesehatan. ASN harus menjadi teladan bagi masyarakat,” katanya.

ASN, katanya, sudah mulai bekerja dengan konsep new normal yang menerapkan protokol kesehatan untuk semua kegiatan. Setiap ruang dan kantor harus ada fasilitas seperti handsanitizer, tempat cuci tangah, juga thermo gun. “Untuk sementara penggunaan atribut dan apel ditiadakan sampai ada rekomendasi selanjutnya,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala BPKPP Kota Magelang, Aris Wicaksono menambahkan, pelaksanaan jam kerja ASN Pemkot Magelang adalah untuk 5 hari kerja, Senin-Kamis pukul 07.00-15.30 WIB, Jumat 07.00-11.00. Sementara untuk 6 hari kerja, Senin-Kamis pukul 07.00-14.00, Jumat pukul 07.00-11.00, dan Sabtu pukul 07.00-12.30.

“Setiap pegawai menyesuaikan target kinerja sesuai kondisi terkini. Kemudian, penyelenggaraan pelayanan pada unit pelayanan publik di bidang adiminstrasi menggunakan dan memanfaatkan teknologi informasi,” paparnya.

Selanjutnya, kata Aris, atasan langsung memberikan bimbingan/pendampingan kepada pegawai yang melaksanakan Work From Home (WFH) dalam penyelesaian tugas. Caranya memanfaatkan teknologi informasi, email, wa, teleconference, dan media digital lainnya dalam memberikan pelayanan kedinasan.

Protokol kesehatan Covid-19 secara umum bagi ASN, antara lain mengatur jarak aman antara pegawai minimal 1 meter di dalam ruangan kerja, ruang rapat, dan lainnya. Pegawai diminta mengurangi penggunaan kendaraan umum pada saat berangkat dan pulang kantor.

“Pagawai juga diminta untuk disiplin, mencuci tangan tangan, menggunakan handsanitizer, mengukur suhu tubuh, hindari bekerja lembur, wajib memakai masker, dan absen manual,” imbuhnya.


Asef Amani

6 Komentar

  1. Like!! Great article post.Really thank you! Really Cool.

  2. Thanks for fantastic info I was looking for this info for my mission.

  3. I love looking through a post that can make people think. Also, many thanks for permitting me to comment!

  4. 244515 539964I enjoyed reading your pleasant internet site. I see you offer priceless information. stumbled into this internet site by chance but Im positive glad I clicked on that link. You certainly answered all the questions Ive been dying to answer for some time now. Will surely come back for far more of this. 631185

Tinggalkan Balasan