SM/Asef F Amani - MINI EXPO: Sejumlah pengunjung mengunjungi salah satu booth dalam mini wedding expo bertajuk Asmaradana di Artos Mall.

MAGELANG, SM Network – Kebijakan pemerintah dalam membatasi kegiatan masyarakat di kala pandemi ini, berdampak pada bisnis usaha kreatif. Salah satunya bisnis jasa WO (Wedding Organizer).
Pesta pernikahan yang biasanya dengan mudah digelar, kini malah ditakuti masyarakat. Padahal, sebenarnya pemerintah telah memberi kelonggaran bisa mengadakan sebuah acara, asal mematuhi aturan main protokol kesehatan. 

Mengatasi permasalah itu, DG Organizer menggelar mini wedding expo bertajuk Asmaradana di Artos Mall pada 8-14 Maret 2021. DG menggandeng beberapa vendor terpercaya, di anataranya vendor dekokrasi, vendor rias & busana, vendor katering, vendor photography, dan vendor entertainment. 

“Melalui mini wedding expo ini, kami ingin mengedukasi masyarakat bahwa, pesta pernikahan bisa digelar secara aman. Kami juga mengkamapanyekan prtokol kesehatan karena merupakan prioritas untuk kemanan kita semua,” ujar Owner DG Organizer, Dora Bineri di sela expo, Kamis (11/3).

Dia mwnuturkan, sejak awal pandemi hingga akhir tahun 2020, bisnis WO mengalami penurunan hingga 60%. Banyak calon pengantin yang membatalkan pesta pernikahannya dan juga calon pengantin yang akan melaksanakan pesta memilih menundanya. 

“Dengan digelarnya Asmaradana, kami optimis bisa meningkatkan kembali jumlah wedding event sebesar 50% hingga setahun ke depan,” katanya.

Tak hanya itu, DG juga ingin menginspirasi dan memberi semangat kepada pelaku usaha jasa WO lainnya. DG ingin menunjukkan optimisme bahwa di awal tahun 2021 ini, bisnis jasa WO mulai bergeliat kembali setelah lama tertidur. 

“Bahkan, kami berani memperluas target pasar dengan menjual paket wedding hingga ke Semarang. Sebelum pandemi, target pasar DG Organizer berada di wilayah Magelang raya, Temanggung, Purworejo, dan Jogja,” ungkapnya.

Sementara itu, Difa Ayu A.S (25), salah satu pengunjung Asmaradana mengaku sedang mencari cincin tunangan di Artos Mall. Ia mengaku senang bisa mampir ke expo ini.

“Ibaratnya sambil menyelam minum air. Mau cari cincin tunangan malah sekalian dapat vendor-vendor pernikahan yang bagus. Apalagi, di expo ini banyak sekali promo dan cashbacknya,” tuturnya.

Untuk menggaet para calon pengantin, DG Organizer dan vendor lainnya memberikan cash back besar-besaran selama pameran ini berlagsung. Cash back yang diberkisar mulai dari 1 juta hingga 3 juta rupiah.