Arisan Umroh, Permudah Jalan ke Tanah Suci

KEBUMEN, SM Network – Berangkat ke tanah suci Mekah dan Madinah untuk menunaikan ibadah umroh bagi kalangan menengah ke bawah dahulu mungkin hanya sebatas impian belaka. Namun sekarang ini banyak alternatif pembiayaan yang sangat membantu dan memudahkan masyarakat untuk berziarah ke Masjidil Haram maupun Masjid Nabawi.

Salah satunya adalah melalui Arisan Umroh yang digagas oleh PT Allais Tur Manajemen. Program Arisan Umroh tersebut dilaunching oleh Kepala Kantor Kemenag Kebumen H Panut SPd MM di Meotel Dafam Kebumen, kemarin.
Direktur PT Allais Tur Manajemen Farridan Mukhlas SPdI MEd menjelaskan bahwa melalui Arisan Umroh ibadah umroh tidak hanya sekadar angan-angan bagi masyarakat menengah ke bawah tetapi benar-benar bisa dilaksanakan.

“Saya menawarkan konsep arisan yang memiliki nilai kekeluargaan dan ta’awaun atau tolong menolong. Arisan merupakan sistem pembiayaan tanpa agunan, tanpa riba, dan tanpa ada cekikan,” ujar Farridan Mukhlas di sela-sela launching Program Arisan Umroh.

Farrid, panggilan akrabnya menambahkan, bagi peserta arisan yang berangkat di awal biayanya akan ditopang oleh peserta yang berangkat di akhir. Sedangkan yang berangkat di tengah saling membantu dengan yang berangkat di awal dan di akhir.

“Begitu pula yang berangkat di akhir, niatnya menabung sambari membantu mereka yang berangkat di awal,” imbuh pengusaha muda asli Kutowinangun, Kebumen tersebut.

Arisan umroh dibagi menjadi dua kelompok. Yakni dengan jangka waktu dua tahun dengan 24 peserta dengan iuran sebesar Rp 950.000/bulan. Kedua adalah tiga tahun dengan 36 peserta dengan besaran Rp 635.000/bulan. “Kedua kelompok ini jika diakumulasikan sama biayanya sebesar Rp 22,8 juta. Besaran ini sudah termasuk pengurusan paspor dan suntik menginitis. Namun belum termasuk vaksin corona,” ujarnya.

Jaminan Keamanan

PT Allais Tur Manajemen yang berkantor di Jalan Kutoarjo Nomor 15 Selang, imbuh Farrid belum genap dua tahun hadir di Kebumen. Namun sebagai pendiri, dia telah berkecimpung dalam dunia umroh dan haji selama lima tahun. “Sebagai jaminan keamanan kepada jamaah peserta arisan umroh, ada surat penjanjian jamaah dengan perusahaan selaku pengelola arisan. Antara lain bahwa harga tidak akan naik sampai arisan selesai,” ujarnya pria yang sedang menyelesaikan Program Doktor di Kuala Lumpur Malaysia.

Berbagai masalah dalam arisan seperti peserta meninggal dunia, sakit keras dan bencana telah disiapkan antisipasinya. Jika seorang peserta meninggal dunia sebelum berangkat akan dikembalikan haknya. Akan ditawarkan kepada keluarga apakah akan dilanjutkan atau tidak.

Kemudian jika peserta meninggal dunia setelah berangkat Umroh, akan dikembalikan ke keluarga untuk melanjutkan. Jika ternyata pihak keluarga mengalami keterbatasan untuk melanjutkan arisan, akan dicover oleh perusahaan agar arisan bergulir sampai selesai. “Jika terdampak penyakit keras dan bencana jamaah akan diberikan subdisi pada bulan itu,” ujarnya.


Sebagai jaminan keamanan peserta arisan, dana arisan jamaah tidak dipegang oleh perusahaan melainkan langsung dimasukkan ke rekening BNI Syariah atas nama peserta. Tabungan ini tidak bisa diambil oleh perusahaan maupun peserta sendiri kecuali untuk kepentingan Umroh. “Perusahaan akan menjamin hak-hak peserta sampai arisan selesai,” ujarnya.

Kepala Kantor Kemenag Kebumen H Panut SPd MM mengapresiasi pola arisan yang diterapkan karena dana arisan tersebut langsung masuk ke rekening bank atas nama peserta. Selain itu, PT Allais Tur Manajemen tidak sekadar bisnis tetapi juga mengangkat potensi Kebumen. “Seperti baju seragam umroh dan perlengkapan lain menggunakan produk asal Kebumen,” ujarnya.


Supriyanto

7 Komentar

  1. Like!! Great article post.Really thank you! Really Cool.

  2. Very good article! We are linking to this particularly great content on our site. Keep up the great writing.

  3. 837157 826668Superb weblog here! after reading, i decide to buy a sleeping bag ASAP 372356

  4. 816870 945270Normally I dont read write-up on blogs, but I would like to say that this write-up quite compelled me to try and do so! Your writing style has been amazed me. Thanks, very wonderful post. 523316

  5. 212428 819305Couldn?t be produced any better. Reading this post reminds me of my old room mate! He always kept talking about this. I will forward this report to him. Pretty certain he will possess a good read. Thanks for sharing! 656887

Tinggalkan Balasan