Arab Saudi Setop Umrah, Ini Penjelasannya

SM Network – Kerajaan Arab Saudi secara resmi telah mengeluarkan keputusan menghentikan sementara pelaksanaan ibadah umrah dan kunjungan ke Masjid Nabawi. Keputusan ini dikeluarkan untuk mencegah penyebaran virus coronan atau Covid-19.

Terkait dengan keputusan ini, Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umarah Republik Indonesia tau Amphuri, akan membahas secara khusus bersama seluruh anggota asosiasi untuk menyikapi keputusan ini. 

Menurut Kabid Humas Amphuri, Aryani, pembahasan mengenai penghentian umrah akan dilakukan siang ini juga. Menurutnya, asosiasi tentu akan mematuhi keputusan terkait ini.

“Hari ini Amphuri akan rapat untuk membahas hal tersebut. In Sya Allah kami akan segera menyampaikan informasinya kepada masyarakat,” katanya saat dihubungi pada Kamis, 27 Februari 2020.

Sementara itu, Maktour Tour dan Travel, sebagai penyelenggara umrah dan haji khusus, juga sudah mengetahui adanya keputusan penghentian sementara umrah oleh Pemerintah Arab Saudi.

Corporate Secratary Maktour Group, Idha menyampaikan, koordinasi telah dilakukan dengan asosiasi yang membawahi Maktour. Sampai kapan keputusan ini, tentu harus disikapi secara baik. Tentunya agar jemaah tetap tenang.

“Tentu kita akan memastikan kebenarannya. Lalu bagaimana jemaah yang sudah ada visa, apakah bisa berangkat atau tidak. Kami masih menunggu informasi lebih lanjut,” katanya. 

Duta Besar RI untuk Kerajaan Saudi Arabia, Agus Maftuh Abegebriel, membenarkan ada keterangan resmi dari Pemerintah Arab Saudi mengenai penghentian sementara kunjungan ke Arab Saudi.

“Kita menerima keterangan tersebut pada pukul 02.40 WAS atau pukul 06.00 WIB,” kata Agus Maftuh kepada tvOne, Kamis 27 Februari 2020.

Namun, kapan penghentian kunjungan ke Arab Saudi ini akan dilakukan, Agus Maftuh juga belum menerima informasi yang lebih jelas. Tapi ditegaskan, bahwa penghentian ini sifatnya sementara.

“Sampai kapan belum ada keterangan resmi. Tapi ini bersifat sementara,” katanya.

Agus Maftuh menambahkan, komunikasi sudah dilakukan dengan Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi, Dr Muhammad Saleh, bahwa keputusan ini sudah resmi dengan menghentikan visa umrah dari semua negara.

“Saya sudah komunikasi, itu sudah resmi dihentikan visa umrah dari semua negera,” katanya. 


SM Network

Tinggalkan Balasan