MAGELANG, SM Network – Dibanding pekan sebelumnya, alat pelindung diri (APD) yang digunakan dokter dan paramedis di Kota Magelang untuk saat ini dirasa masih cukup. Meskipun kebanyakan APD yang dipakai sementara ini tidak 100 persen berstandar nasional.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Magelang, dr Sri Harso mengatakan, kebutuhan APD saat sekarang sudah tercukupi dengan baik. Setelah sebelumnya mendapat kiriman APD sebanyak 400 buah, petugas medis di Kota Sejuta Bunga juga akan kembali mendapat kiriman APD besok.

“Hari ini saja sudah datang APD sebanyak 40 buah. Langsung kami bagikan ke rumah sakit dan puskesmas. Sebelumnya, sudah kita drop 400 APD ke rumah sakit dan puskesmas yang menangani virus korona,” ujarnya melalui video conference, Rabu (1/4).

Dia menuturkan, untuk besok pihaknya akan mendapatkan kembali APD dengan jumlah cukup banyak, yakni 300 buah dari Jakarta. Begitu pula akan membeli sekitar 100 APD dari Jakarta, sehingga untuk sementara kebutuhan APD cukup.

“APD saat ini memang standarnya tidak 100 persen standar nasional, hanya sekitar 70-80 persen saja. Tapi, tidak menjadi masalah, karena sudah cukup guna melindungi para dokter dan tenaga medis kita dalam merawat pasien,” katanya.

Selain APD, katanya, alat pelindung lainnya seperti masker dan alat-alat lainnya yang berkaitan Covid 19 juga masih mencukupi. APD dan masker ini tidak hanya kiriman dari pusat dan provinsi saja, tapi juga ada yang dari sumbangan donatur.

“Donatur ini luar biasa perhatiannya pada tenaga medis kita. Tidak sedikit yang menyumbang APD dan lainnya. Bahkan, setiap hari di RSUD Tidar itu datang kiriman berbagai jenis bantuan, seperti makanan, minuman, masker, dan lainnya,” jelasnya.


Asef Amani

1 KOMENTAR